Polres Wonogiri menerjunkan 500 personel dari berbagai satuan, untuk melakukan tugas mengamankan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Mereka bersinergi dengan Satpol-PP, Dishub dan dari unsur stakeholder terkait lainnya.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri menerjunkan sebanyak 500 personel, untuk mengamankan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Itu dilakukan sejak Minggu malam (16/6/24) guna mengamankan kegiatan malam takbiran, sampai pelaksanaan Sholat Idul Adha yang dilaksanakan Senin (17/6/24).

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, tugas pengamanan diawali dengan apel kesiapsiagaan. Apel kesiapsiagaan pasukan digelar Minggu petang (16/6/24 di Halaman Mapolres Wonogiri, dipimpin Wakapolres Kompol Heru Sanusi.

Sebanyak 500 personel kepolisian dari berbagai satuan, diterjunkan untuk bertugas ke lapangan. Mereka bersinergi dengan para prajurit TNI dari Kodim 0728 yang di-BKO (Bawah Komando Operasi)-kan bersama para anggota Satpol-PP, aparat dari Dinas Perhubungan dan instansi terkait, serta dari unsur stakeholder lainnya.

Kepada warga masyarakat, diimbau untuk berperan aktif mendukung terciptanya situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif. Melarang masyarakat melakukan konvoi kendaraan dan bermain petasan. Pengamanan dilakukan kepada umat Islam yang melaksanakan malam takbir di masjid dan mushola.

Bersamaan itu, juga melakukan patroli keliling ke sejumlah objek vital (Obvit), tempat-tempat keramaian publik, dan ke lokasi yang dianggap memiliki potensi kerawanan terhadap kemunculan tindak kiminalitas dan gangguan Kamtibmas.

Khusus Hari Senin (17/6/24), pengamanan dilakukan di semua lokasi yang dijadikan tempat sholat berjamaah. Di Kota Wonogiri, ada 5 lokasi yang digunakan untuk menggelar sholat berjamaah Idul Adha 1445 H/2024 M.

Kelima lokasi tersebut, terdiri atas halaman Masjid Agung At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri, Stadion Pringgondani Wonokarto, di halaman Makodim 0728, di Lapangan Bantarangin dan di Lapangan Sukorejo depan Mapolres lama.

Dalam pengamanan yang juga melibatkan personel Polwan ini, juga melakukan pengaturan arus lalu lintas di penggal ruas jalan yang ditutup. Penutupan jalan dilakukan di lokasi yang dipakai para jamaah untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha. Itu sebagaimana dilakukan di ruas jalan protokol Kota Wonogiri sejak dari traffic light (lampu bangjo) perempatan Gudangseng.
Bambang Pur