Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kiri), menghadiri acara penyerahan sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Desa Gesing, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Senin (17/6/24), menghadiri acara penyerahan satu ekor sapi hewan kurban dari Presiden Joko Widodo. Penyerahannya dilakukan bersamaan dengan momentum ibadah sholat idul Adha 1445 H/2024 M.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, acara penyerahannya digelar di Lapangan Desa Gesing, Kecamatan Kismantoro (sekitar 60 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Penyerahan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo itu dilakukan melalui Staf Sespri Presiden, Puput Hariadi.

Acara tersebut, dihadiri oleh Kapolres beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri. Bersamaan itu, juga dilaksanakan pemberian bantuan dana untu pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik 3 warga miskin sebesar Rp 60 juta. Masing-masing menerima Rp 20 juta, dan pemberian bantuan sembako sejumlah 200 paket untuk masyarakat setempat.

Ikut hadir pula Bupati Wonogiri yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Peternakan, Baroto Eko Pujianto. Momentum penyerahan yang dilakukan pada Hari Raya Idul Adha ini, menjadi cerminan atas wujud ketaatan Nabi Ibrahim terhadap perintah Allah. Yakni patuh merelakan anaknya Ismail yang diperintahkan untuk disembelih.

Hal itu merupakan peristiwa iman, yang harus diteladani umat Muslim. Karena taat terhadap perintah Allah serta ingin terus menjalin hubungan tauhid dengan Tuhan. Itu mencerminkan sikap rendah hati umat yang memunculkan rasa empati.

Rasa empati terhadap lingkungan sosial pada perayaan Idul Adha 1445 H, juga telah dibuktikan oleh kepedulian Presiden Joko Widodo, yang telah memberikan satu ekor sapi sebagai hewan kurban. Ini menjadi wujud kecintaan pimpinan negara terhadap masyarakat di Kabupaten Wonogiri.

Baroto menambahkan, perayaan hari raya Idul Adha tahun 2024 menjadi berkat bagi masyarakat Kabupaten Wonogiri. Karena pada tahun ini, menerima satu ekor sapi seberat 1,7 ton dari Presiden Joko Widodo. Diharapkan, itu bermanfaat bagi masyarakat kaum duafa.
Bambang Pur