BLORA (SUARABARU.ID) – Blora adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, berbatasan dengan provinsi Jawa Timur. Selama ini, Blora terkenal dengan budaya barongan yang begitu khas. Namun tidak hanya itu, Blora pun juga memiliki wisata alam yang indah. salah satunya Bukit Kemuning, dengan daya tarik wisata alam bukit karst.

Jika biasanya bukit karst selalu digambarkan dengan tempat yang gersang, kini tidak lagi. Bukit Kemuning menyajikan perbukitan rimbun dengan taman yang dihias cantik, dengan bunga warna-warni yang tertata rapi, serta berbagai wahana permainan yang mengasyikkan.

Harga Tiket Masuk Bukit Kemuning Blora, objek wisata ini telah dikelola dengan baik. Wisatawan akan dikenakan tiket masuk saat berwisata disini. Tiket yang dikenakan pun masih terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.

Harga Tiket Masuk
Objek wisata ini buka dari pagi hari hingga petang, dan pada hari Jumat tempat ini buka lebih siang Tiket masuk Rp 10.000. Jam Operasional, Senin-Kamis 06:30-17:45 WIB, Jumat 13.00-17.45 dan, Sabtu-Minggu 06.30-18.00 WIB

Bukit Kemuning menyajikan keindahan objek wisata alam dengan sentuhan buatan.

Taman-taman dibuat dengan sangat rapi, bunga dan semak hias disusun menjadi berbagai bentuk. Ada yang berbentuk hati, dimana di bagian tengah ditumbuhi rumput hijau. Sementara di sekelilingnya terdapat tanaman hias berwarna merah, membentuk hati dan mengelilingi area hijau tersebut.

Pengelola Bukit Kemuning Todanan, Sapari menjelaskan bahwa pengunjung dapat berfoto di tengah-tengahnya, dan lebih cantik apabila mengambil gambar dari sudut atas.

Tidak hanya itu, bagian lahan yang melandai dibuat menjadi ruang untuk menulis dengan tanaman. Ada yang bertuliskan ‘B K Todanan Kikik’, ada juga yang bertuliskan ‘Cahaya Hati’, dan lainnya. Karena bentuknya sedikit melandai, sehingga pengunjung dapat berfoto di depannya dan menjadikan objek tersebut background.

“Bisa Menikmati Keindahan Bukit Kemuning Blora;
Spot Foto Bukit Kemuning yang menjadi Favorit,” kata Pengelola Bukit Kemuning. Taman-taman lain juga tertata dengan indah dan rapi. Pengunjung dapat berfoto di area taman ini, dengan beberapa hiasan yang ditempatkan di beberapa sudut. Paduan warna hijau dari rumput membuatnya tampak asri dan begitu segar. Apalagi, di musim tertentu ada bunga-bunga yang berkembang sehingga menambah kecantikan taman.

“Sensasi seru meniti jembatan kayu dan spot jembatan gantung,” ujar Pengelola Bukit Kemuning.

Keunikan Bukit Kemuning tidak hanya pada indahnya taman yang berwarna – warni penuh bunga itu. Tapi juga ornamen, hiasan, serta wahana permainan yang ada di objek wisata ini. Bukan wahana permainan yang besar, wahana yang sederhana namun sangat menghibur. Seperti wahana yang satu ini, yaitu jembatan gantung yang terbuat dari kayu.

Menara Pandang

Jembatan ini membentang dari satu pohon ke pohon yang lain. Uniknya, di penghujung jembatan ini adalah rumah pohon yang begitu unik. Letaknya berhadap-hadapan, sehingga dapat disambungkan dengan jembatan ini. Membentang sepanjang kurang lebih 10 meter, disambungkan dengan tali yang kuat.