Pengunjung dapat memacu adrenalin di jembatan ini, menyeberang dari satu rumah pohon ke sisi lainnya. Sensasinya tentu cukup menegangkan karena jembatan tidak dilengkapi dengan pengaman apa pun.

Duduk di rerumputan hijau dengan latar belakang hutan jati, Bukit Kemuning Todanan, menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung, Sabtu 15/6/2024. Foto: Kudnadi Saputro

Jembatan yang bergoyang ketika dipijaki akan menimbulkan sensasi menebarkan tersendiri. Meskipun tanpa pengaman, namun jembatan ini dapat dipastikan aman.

“Menyaksikan Pemandangan dari Rumah Pohon, Taman yang Tertata Rapi,” imbuh Pengelola Bukit Kemuning.

Pengunjung asal Wirosari Grobogan, Qolbyn Nada menyampaikan bahwa
pemandangan sekitar objek wisata ini sangatlah menenangkan. Pedesaan dengan sawah yang menghampar luas.

Pemandangan indah ini dapat disaksikan melalui rumah pohon yang dihubungan dengan jembatan, pengunjung dapat menaiki pohon dengan tangga yang telah dibuat, kemudian masuk ke rumah pohon.

“Tiupan angin sepoi membawa kedamaian berada di rumah pohon. Tentunya, tempat ini menjadi spot foto yang sayang jika dilewatkan, dan dapat menyaksikan keindahan tatanan taman di Bukit Kemuning ini,” ujar Qolbyn Nada, kepada suarabaru.id Sabtu, (15/6/2024)

Wisatawan dari Pucakwangi Kabupaten Pati, Fieaty Asih mengatakan daya tarik wisata ini berisi berbagai macam bunga yang disusun artistik, disertai gazebo untuk beristirahat serta spot-spot foto untuk berswafoto, selain itu juga ada menara pandang untuk menikmati pemandangan disekitar Bukit Kemuning.

“Tiket masuk di Bukit Kemuning tergolong sangat terjangkau, untuk hari biasaRp 10.000/orang dan untuk hari minggu Rp. 8.000,-/orang. Di tempat ini juga dilengkapi kafetaria untuk sekedar ngopi-ngopi dan juga makan,” ujar Fieaty Asih sambil tunjukkan tiketnya.

Bukit Kemuning merupakan daya tarik wisata perbukitan karst yang disulap menjadi sebuah taman yang indah. Lokasi daya tarik wisata ini berada di Dk. Kikik Desa Todanan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora, tepatnya kurang lebih 2 km sebelah barat Kantor Kecamatan Todanan.

Objek wisata ini berada di area sawah dan perkebunan. Tepatnya di Dukuh Kikik, Desa Todanan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Berjarak 34 Kilometer dari pusat Kota Blora. Area perbukitan ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.
Kudnadi Saputro