Dyah Sulistyaningtyas bersama kedua orangtuanya. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ada yang menarik dalam Upacara Wisuda Periode II Soegijapranata Catholic University (SCU) Semarang, Sabtu (15/6/2024). Adalah Dyah Sulistyaningtyas, wisudawan dari Program Studi Psikologi.

Dari pengakuan Dyah, kedua orang tuanya yang tinggal di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, mampu mengkuliahkan empat anaknya di SCU. Meski hanya berprofesi sebagai buruh percetakan, namun empat anaknya itu kini bergelar sarjana.

Anak pertamanya, Dyah Kusumaningtyas lulus dari Fakultas Ilmu Komputer tahun 2013, lalu Dyah Adiningtyas (Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Lulus 2015), Kresno Widiatmoko (Fakultas Arsitektur dan Desain/Lulus 2022) dan Dyah Sulistyaningtyas (Fakultas Psikologi/Lulus 2024).

BACA JUGA: Warga Clering Alami Kekeringan, Polisi Bantu Air Bersih

”Kami sekeluarga merasa bersyukur, terutama kedua orang tua kami, karena mampu mengkuliahkan anaknya hingga sarjana, meski bapak hanya seorang buruh dan ibu hanya di rumah,” kata Dyah Sulistyaningtyas kepada sejumlah awak media yang mewawancarainya di Kampus SCU BSB, Jumat (14/6/2024).

Menurut dia, kuliah di SCU memang sudah menjadi keinginan ayahnya sejak dulu, saat anak pertamanya hendak memasuki bangku kuliah. Informasi tentang SCU, sebelumnya didapat ayahnya dari beberapa rekan kerja dan media massa.

Berawal dari anak pertama itulah, kemudian tiga anaknya yang lain juga diarahkan untuk kuliah di SCU, dengan jurusan yang berbeda. Yang lebih membanggakan lagi, ketiga anaknya yang sudah lulus itu, kini sudah bekerja dengan jabatan yang mentereng.

BACA JUGA: Miliki Gedung 6 Lantai, RS QIM Batang Siap Optimalkan Layanan

”Saya terharu sekaligus bangga, karena bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu, bahkan lulus dengan predikat Cum Laude. Hasil ini merupakan dukungan dan doa dari seluruh keluarga,” kata perempuan yang mengenakan hijab itu.

Dyah memang sengaja ditampilkan pihak SCU dalam sesi jumpa pers jelang wisuda, yang dijadwalkan digelar di Sport Hall Ronald Korompis, Kampus II BSB, Sabtu (15/6/2024). Selain Dyah, hadir pula dua mahasiswa yang berprestasi, Timotius Bagus Djatmiko
(Ilmu Hukum) dan Severus Ryan Wisastra (Teknologi Pertanian).

”Wisuda kali ini kami mengangkat tema Semarangan. Karena masih dalam rangka memperingati HUT Kota Semarang, beberapa waktu lalu,” kata Ketua Panitia Wisuda, Anggara Poernama Sidi.

BACA JUGA: KITB Dinobatkan sebagai Kawasan Industri Terbaik

Tema ini ditonjolkan, dengan hadirnya musik khas Semarangan. Selain itu, lokasi wisuda akan didesain dengan nuansa khas Semarangan pula. ”Musik Semarangan kita tonjolkan, lalu ada musik keroncong yang klasik. Di panggung, kita hias dengan ikon-ikon Semarang, misal Gereja Blendug, Lawang Sewu, Warag Ngendog dan batik-batik,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr Berta Bekti Retnawati SE MSi menambahkan, pihaknya bakal mewisuda 279 wisudawan. Mereka merupakan lulusan dari 1 Program Diploma (D3), 12 Program Sarjana (S1), 6 Program Magister (S2), dan 1 Program Profesi.

”Harapan kami, apa yang sudah kami berikan, cukup memberi bekal kepada para lulusan. Karena kami tahu mereka punya semangat juang yang tinggi. Kami juga berharap, mereka bisa jadi pekerja yang ulet, atau wirausaha yang jujur,” ungkap dia.

Riyan