Merah : Solichuddin dari PT. Tigamas Tengah baju hitam : KH. Mughits Nailufar (Ketua Yakisnu) Baju putih : Arif Jauhari (sekretaris Yakisnu).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Pengecoran atap bangunan atau topping off Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSI NU) Cakra Medika Mayong menandai berakhirnya proses pembangunan struktur konstruksi bangunan.

Pengecoran atap terakhir dan tertinggi dalam struktur bangunan RSI NU Mayong diawali dengan selamatan dan doa bersama pada Kamis, (13/6/2024).

RSI NU Cakra Medika Mayong, Jepara.

Ketua Yayasan Kesehatan Islam Nahdlatul Ulama (Yakisnu) Mayong, KH. Mughits Nailufar, mengatakan, pengerjaan struktur bangunan lima lantai dan basement itu direncanakan selesai pada 17 Juni 2024, namun karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, maka diajukan pengerjaannya lebih cepat beberapa hari dari rencana dan target semula.

“Pagi ini kita lakukan selamatan dengan pembacaan manakib dan tahlil untuk menyelesaikan pembangunan struktur bangunan. Jalur batiniyah atau spiritual itu perlu dilakukan untuk mengenang jasa para pendahulu sekaligus wasilah untuk keberkahan RSI NU Mayong ke depan”, tutur kyai muda alumni Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.

“Dari sisi belakang, struktur bangunan sudah selesai duluan. Basement dan lantai 1 sudah mulai pemasangan dinding dan finishing koridor parkir maupun langit-langit atap lantai”, kata Izah selaku pengawas konstruksi mewakili PT Proporsi.

Sholihuddin dari PT Tigamas General Contractor menjelaskan bahwa progres pembangunan sampai saat ini sudah mencapai 45 persen dari pengerjaan total. Hal itu ditandai dengan selesainya pengerjaan topping off bangunan. Perkiraan bangunan jadi total pada 22 Oktober 2024, masih stay on track.

“Saat ini juga secara simultan dilakukan prosedur pengajuan Sertifikat Laik Fungsi atau SLF untuk bangunan berlantai lima dengan tambahan lantai basement itu” jelasnya.

Pengecoran topping off bangunan yang dilakukan mulai Kamis pagi di areal parkir RSI NU Cakra Medika Mayong di Singorojo, diiringi dengan seremonial doa bersama. Hadir langsung dalam acara penuh haru dan membanggakan itu dari unsur PT Yakisnu, MWCNU Mayong, perwakilan PT Tigamas, perwakilan PT Proporsi, dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Semoga rencana grand opening atau awal operasional RSI NU Cakra Medika Mayong pada November tahun ini, bisa berjalan lancar dan memenuhi target keseluruhan. Kami mohon doa dan dukungan semua pihak agar nantinya RSI NU Mayong memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya warga nahdliyyin dalam bidang kesehatan”, ungkap Gus Mughits.

ua/zank