Siti Khumairo (depan), saat melantunkan hafal Alquran 30 juz. Foto: dok/iqo

REMBANG (SUARABARU.ID)– Nama Shofia Khumairo, siswi MIN 1 Kabupaten Rembang, belakangan ini ramai menjadi perbincangan warga setempat. Di usia yang masih sangat belia, 12 tahun, gadis kecil telah menyandang gelar sebagai hafidzoh atau penghafal Alquran 30 juz.

Khosidin dan Samiah, kedua orang tuanya, tak kuasa membendung air matanya, lantaran putri kelahiran 11 Agustus 2011 ini, dinyatakan lulus tahfidz 30 juz oleh MIN 1 Rembang, pada wisuda sekolah yang dilaksanakan Kamis (13/6/2024).

Atas prestasinya itu, Shofia mendapatkan penghargaan khusus dari Kepala Sekolah MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi. Selain penghargaan Shofia juga mendapatkan sejumlah uang pembinaan dari Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Moh Mukson.

BACA JUGA: Rekonstruksi Pembunuhan, Tersangka Lakukan 47 Adegan di 5 Lokasi

Menurut Khosidin, Shofi memang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Dia memulai hafalannya sejak kelas 2 MIN 1 Rembang. Dukungan utamanya datang dari kedua orang tuanya dan pengasuh Ponpes Al-Furqon, KH Sulaiman dan istrinya Hj Mundasah, tempat dimana Shofia menempa pendidikan Alquran.

KH Sulaiman dan Hj Mundasah adalah pengampu tahfidz Alquran, yang telah menelurkan jawara hafidz/hafidzoh dari tingkat Kabupaten, Nasional hingga internasional. Sebut saja Durrotul Muqofa, Zumrotul Luthfia, Siti Eka Lailatul Fajriyah dan Siti Mas’udah.

Selain ketekunan Shofi, keikhlasan orang tuanya juga menjadi faktor keberhasilannya dalam menuntaskan hafalannya. Khosidin dan Samiah adalah warga Desa Ringin, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, yang berprofesi sebagai petani. Dengan doa dan dukungannya, menguatkan Shofi untuk mencapai puncak hafalannya dalam usia yang masih muda, 12 tahun.

BACA JUGA: Kembali Dulang Prestasi, Boardgame Kraton Battle Juarai Krenova Maju Tingkat Jateng

Siti Khumairo (tengah) berfoto bersama kedua orang tuanya, usai dilaksanakannya wisuda MIN 1 Rembang. Foto: dok/iqo

”Shofi baru mulai menghafal Alquran kelas 2 MI, dibimbing KH Sulaiman. Alhamdulillah, sekarang sudah selesai 30 juz,” ungkap Khosidin penuh haru, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag Rembang.

Ibundanya, Samiah, juga tak kuasa menahan air matanya, ketika Shofi melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Dia berharap, semoga hafalan Shofi bisa membawa keberkahan dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Sementara itu, Moh Mukson berharap, prestasi Shofia ini akan bisa menginspirasi murid-murid di madrasah, untuk berpacu menghafal Alquran. ”Seluruh jajaran madrasah agar bisa meniru Shofia, dan bisa bermitra dengan pondok pesantren di sekitarnya,” harap dia.

BACA JUGA: Kawali Dukung Gakkum KLHK Ungkap Pencucian Uang Empat Tersangka Petambak Karimunjawa

Sedangkan Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi menyampaikan, sebagian besar siswa-siswi MIN 1 Rembang, sudah hafal Alquran. Untuk kelas 6, semuanya sudah hafal Alquran juz 30.

”Semua siswa-siswi mengikuti program MI se-Kabupaten Rembang, yaitu Program Mumtaza atau Murid MI Tahfidz Juz‘amma. Namun sebagian juga sudah hafal beberapa juz. Salah satunya adalah Shofia Khumairo, yang sudah khatam 30 juz,” jelas dia.

Riyan