Boardgame Kraton Battle juarai Krenova maju tingkat Jateng. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menyumbang prestasi di acara bergengsi, lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Salatiga 2024, belum lama ini.

Predikat Juara 2 berhasil diraih oleh tim yang terdiri dari 5 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka adalah Leonardus Bagas Kurniawan, Sahesti Sri Wulandari, Nabella Anggelita Setiyono, Yosafat Setyo Prakoso, dan Santoso.

“Boardgame Kraton Battle: Transformasi Pembelajaran Sejarah melalui Konsep Gamifikasi”, merupakan judul dari karya mereka yang unggul dari 20 karya tim lainnya di Kategori Umum. Tidak berhenti sampai di situ, perolehan juara lantas mengantarkan mereka sebagai salah satu tim terpilih untuk mewakili Salatiga di Krenova 2024 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Luapan rasa bangga atas pencapaian tersebut disampaikan oleh ketua tim Leonardus. “Terkejut karena bisa bersaing dengan karya-karya lainnya yang tidak kalah inovatif. Semoga selanjutnya kami bisa lolos sampai ke tahap final, sehingga bisa memperkenalkan hasil inovasi kami lebih luas,” katanya, Kamis (13/6/2024).

Sedangkan dalam prosesnya, disampaikan juga tidak lepas dari pendampingan dosen pembimbing asal FKIP, Listyanto Aji Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Inovasi edukatif

Boardgame Kraton Battle Astana Lila, dijelaskan Leonardus sebagai karya inovatif yang menghadirkan media pembelajaran sejarah menarik berbasis gamifikasi. Menggunakan konsep permainan ludo, pembelajaran sejarah akan empat kerajaan besar di Indonesia dikemas dalam bentuk papan permainan berisi info menarik dari setiap kerajaan.

“Dengan mengandalkan bidak, dadu, serta duel card, kita bisa belajar tentang kerajaan Majapahit, Demak, Sriwijaya, dan Mataram Islam lewat cara yang asyik dan menyenangkan. Menghilangkan kesan membosankan akan pembelajaran sejarah dan justru meningkatkan minat belajar mereka,” terangnya.

Leonardus juga menyampaikan bahwa boardgame ini telah melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024. Hal ini membuat ia dan tim semakin yakin akan efektivitas permainan, sekaligus potensi hilirisasi karya untuk kemudian dipasarkan secara luas.

Dosen pembimbing tim Listyanto Aji Nugroho, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi tinggi atas pencapaian mahasiswa di perlombaan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) ini. Ia berharap semangat inovasi senantiasa membara dalam jati diri mahasiswa.

“Krenova merupakan tempat yang tepat bagi civitas academica untuk mengembangkan ilmu pengetahuan lewat memunculkan inovasi yang menjawab permasalahan masyarakat. Sehingga keikutsertaan tim dalam kompetisi ini, adalah bagian dari menjawab masalah di bidang pengajaran sejarah dengan inovasi boardgame untuk pembelajaran,” katanya bangga.

Disampaikan, menjelang perlombaan Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah, bahwa penyusunan ulang proposal dan pembuatan video profil karya menjadi persiapan dari tim. Perlombaan ini sendiri berlangsung sejak tanggal 10 Juni hingga 27 Juni 2024 mendatang, meliputi tahap seleksi substansi dan presentasi.

Ning S