PWI Goes to School with Pertamina' di Aula SMK Negeri 1 Blora. Rabu, 12 Juni 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, didukung PT Pertamina EP Field Cepu mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah menengah atas (SLTA) di wilayah Kabupaten Blora.

Tujuan utamanya adalah menyosialisasikan dunia jurnalistik dan menyampaikan kegiatan Pertamina di Blora, karena sebagian besar siswa di sana masih menganggap Pertamina hanya sebagai pom bensin SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar).

Tampak para siswa SMK N 1 Blora antusias bertanya ingin tahu lebih jauh tentang Pertamina. Bagaimana cara bergabung ke Pertamina, karena baru pertama kali ada sosialisasi seperti ini.

Program PWI Blora bertajuk ‘PWI Goes to School with Pertamina’ kali ini dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Blora. Dalam acara tersebut, ada dua narasumber utama, yaitu dari PT Pertamina dan PWI Blora.

Pada kesempatan itu, Ketua PWI Blora Heri Purnomo menjelaskan tentang bagaimana menjadi wartawan yang profesional sesuai kode etik jurnalistik, serta mengenalkan organisasi pers di Indonesia.

“Disampaikan juga cara  mencegah berita hoaks atau SARA yang tidak sesuai etika,” ujar Heri Purnomo.

Pertamina dan Pom Bensin

Dari pihak PT Pertamina, ada dua ‘Srikandi Pertamina’ yang menjelaskan tentang kiprah Pertamina di wilayah Blora, mulai dari hulu hingga hilir. Mereka adalah Dea Nada Rifdah dan Hesti Noviska Damayanti.

“Tahunya Pertamina ya pom(pa) bensin. Ya dari beberapa perusahaan yang pernah sosialisasi yang tertarik ini. Ada pengetahuan menulis juga dari PWI”, ungkap Dea Hesti kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Perwakilan PT Pertamina EP Field Cepu, Yeri Usianawati, mengaku senang karena sosialisasi ini dinilai efektif, banyak siswa yang awalnya tidak tahu tentang Pertamina, kini menjadi tahu.

“Menarik ya. Tadi siswa tahu POM bensin, setelah narasumber menjelaskan mereka jadi tahu tentang Pertamina. Kerjasama ini sangat bagus bagi Perusahaan,” kata Yeri Usianawati.

Sementara itu, Wakil Kepala SMKN 1 bagian Humas SMK Negeri 1 Blora, Nunuk Sutristiyanti merasa bersyukur karena kegiatan ini merupakan pembelajaran baru dan sangat bermanfaat bagi siswanya.

“Ini perdana di sekolah kami. Kami juga banyak program, tapi ini luar biasa menambah wawasan bagi anak anak kami. Terima kasih PWI dan Pertamina,” tandas Nunuk Sutristiyanti.

Kudnadi Saputro