Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Geyer, Polres Grobogan Bripka Suharno bersama warga berupaya menyingkirkan pohon tumbang di jalan raya Purwodadi-Solo di kawasan hutan Geyer, Rabu 12 Juni 2024. Foto: Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hujan deras dan angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di kawasan hutan Geyer, Kabupaten Grobogan, Rabu 12 Juni 2024 sekitar pukul 16.00 WIB.

Tumbangnya pohon akibat angin kencang dan hujan deras ini, mengakibatkan arus lalu lintas yang melintasi jalan raya Purwodadi – Solo terhambat karena pohon tumbang menghalangi badan jalan tersebut.

Pohon yang tumbang melintang di badan jalan, dan menyangkut kabel telepon yang terpasang di pinggir jalan. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu.

Warga yang berada di sekitar lokasi berupaya memotong batang dan dahan pohon yang tumbang diterjang angin saat hujan deras melanda kawasan hutan

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Geyer, Polres Grobogan Bripka Suharno yang melintas di lokasi pohon tumbang langsung berhenti dan turun dari sepeda motornya.

Dengan menggunakan peralatan sabit, Bripka Suharno bersama seorang warga kemudian berupaya mengevakuasi pohon tersebut. Dengan memotong dahan dan batang pohon.

“Saya melihat ada pohon tumbang ketika melintasi lokasi. Saat itu ada warga yang sedang mencoba memotong pohon tersebut, langsung saya bantu agar tidak mengganggu arus lalu lintas,’’ jelas Bripka Suharno.

Bripka Suharno dengan masih menggunakan jas hujan bersama warga sekitar lokasi akhirnya berhasil menyingkirkan pohon tumbang tersebut dari badan jalan.

Rawan Pohon Tumbang Penyebab pohon tersebut tumbang menurut Bripka Suharno diduga karena akarnya tak kuat menahan batang sehingga begitu ada angin kencang, langsung roboh dan menghalangi jalan.

Sementara Wakapolres Grobogan Kompol Gali Atmajaya mengimbau kepada masyarakat terutama pengguna jalan untuk waspada pohon tumbang saat melintasi kawasan hutan.

“Kawasan hutan terutama di wilayah Geyer memang rawan pohon tumbang. Untuk itu hindari berlindung atau berteduh di bawah pohon saat hujan dan angin kencang,” saran Wakapolres.

Setelah pohon berhasil dievakuasi menurut KBO Sat Lantas Polres Grobogan Ipda Moch Agus Salim, arus lalu lintas yang melintasi jalan raya Purwodadi – Solo normal kembali.

Tya Wiedya