Thom Haye merayakan golnya ke gawang Filipina pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku puas atas kemenangan anak asuhnya atas Filipina dengan skor 2-0, pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dia menyebut, pertandingan malam itu tidak mudah bagi Timnas Indonesia, apalagi pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama.

Dengan hasil ini, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, skuad Garuda lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dua gol kemenangan Indonesia dicetak Thom Haye menit 32 dan Rizky Ridho (56).

BACA JUGA: Lepas Siswa Kelas 6, SDN 8 Suwawal Laporkan Capaian Prestasi

”Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis, memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru, dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata Shin Tae-yong, saat jumpa pers usai laga.

Dia juga sadar, di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi Timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam dkk berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

Menurut STY, timnya memang sudah dipastikan lolos ke ronde tiga. Dan tidak ada lawan yang mudah. Apalagi Timnas Indonesia ada di ranking 134, tim yang berperingkat paling rendah di antara lawan-lawan yang nantinya bakal dihadapi.

”Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya, dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik, dan berusaha semaksimal mungkin di putaran tiga,” tukas pelatih asal Korea Selatan itu.

Riyan