JEPARA(SUARABARU.ID) – SDN 8 Suwawal Kecamatan Mlonggo, menggelar pelepasan siswa kelas 6 pada Selasa malam (11/6/2024). Momen tersebut juga digunakan untuk melaporkan capaian prestasi selama satu tahun ajaran kepada wali murid dan masyarakat sekitar.

Acara itu dihadiri Koordinator Satkordikcam Mlonggo Nuryadi, unsur komite, wali murid, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Rangkaian acara pelepasan siswa itu juga mendapat perhatian masyarakat sekitar karena diisi dengan berbagai penampilan seni dari seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6.

“Setidaknya ada delapan prestasi yang diukir anak-anak selama tahun ajaran 2023/2024,” kata Kepala SDN 8 Suwawal Rina Rochiana dalam laporannya.

Prestasi yang dibukukan, diraih oleh Devani Kirania Putri Prasetio, sebagai juara 1 sesorah putri pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Kecamatan Mlonggo. Berikutnya Ahmad Almajidur Rizqi, mengukir prestasi juara 1 dongeng putra (FTBI Kecamatan Mlonggo), Salsabila Ramadahani sebagai juara harapan 1 dongeng putri (FTBI Kecamatan Mlonggo), dan Dzakia Khoirus Syifa sebagai juara 1 menulis cerkak (FTBI Kecamatan Mlonggo).

Kahilal Nafil Jinan meraih prestasi sebagai juara 2 cabang lomba cerita islami dalam lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) Kecamatan Mlonggo, Devani Kirania Putri Prasetio sebagai juara 2 cerita islami ( Mapsi Kecamatan Mlonggo), dan Riski Dwi Arfiyansah juara 3 cabang kriya pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Kecamatan Mlonggo. Prestasi lain diukir Evi Isna Lufia Yustiani sebagai juara 2 tolak peluru putri pafa Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kecamatan Mlonggo.

Rina berpesan agar semua lulusan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena masih dalam masa pendidikan dasar 9 tahun. Dia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan wali murid menitipkan putra dan putrinya di sekolah tersebut.

Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo Nuryadi megapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia juga mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di SDN 8 Suwawal untuk meneruskan pelaksanaan pembelajaran ramah anak.

“Lanjutkan. Terus ciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan  bagi anak. Jangan sampai ada beban saat akan berangkat sekolah,” kata Nuryadi.

Pada kesempatan tersebut, SDN 8 Suwawal juga melakukan gelar karya pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selama satu tahun. Pada semester 1, P5 dilaksanakan dalam tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan semester 2 bertema Wirausaha.

Hadepe