Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati dan Ketua DPC Gerindra Wahyu Dwi Setyaningrum saling membungkuk memberi hormat, saat bertemu di Kantor Partai Gerindra, Sragen, Rabu (12/6/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati merintis jalinan koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra  Sragen.

Untung Wibowo Sukowati yang akrab disapa Bowo mendatangi Kantor DPC PAN untuk merajut koalisi menghadapi Pilkada Sragen. Pertemuan Rabu (12/6/2024) Pukul 11.30 berlangsung tertutup.

Dari Kantor DPD PAN, Pukul 13.30 gantian Bowo menyambangi Kantor DPC Partai Gerindra di Jl. Raya Sukowati Barat yang lokasinya berdekatan dengan Kantor DPC PDIP Sragen. Bowo disambut Ketua DPC Partai Gerindra Wahyu Dwi Setyaningrum.

“Rencananya mau jalan kaki saja menuju Kantor Partai Gerindra, namun situasi tidak memungkinkan,” terang Mas Bowo, sapaan akrab Untung Wibowo Sukowati.

Bowo mengungkapkan kedatangannya ke Kantor Partai Gerindra intinya  ingin mengajak koalisi menghadapi Pilkada Sragen.

“Pertemuan kami tadi membahas bagaimana bisa bersama mengambil bagian memajukan Sragen,” terang Bowo bacabup yang juga  akan mengusung program seragam sekolah gratis di Sragen itu.

Bowo mengatakan pertemuan juga untuk membuka jalinan komunikasi antar dua parpol (PDIP dan Gerindra) yang memiliki representasi cukup di Kabupaten Sragen dan  yang sudah melalui kontestasi pileg dan pilpres.

Terpisah,  Wahyu Dwi Setyaningrum didampingi Ketua Desk Pilkada Joko Supriyanto  dan Sekretaris Hagung Susilo Bayu Aji serta pengurus berharap terjalin sinergi dan harmonisasi dalam pemerintahan serta pilkada 2024.

Diakui keputusan berkoalisi dengan PDIP  itu kewenangannya ada di DPP Partai Gerindra, tapi DPC punya hak mengusulkan ( koalisi),” terang Wahyu.

Saat bertemu dengan Ketua DPD PAN Basuki beserta pengurus, Bowo juga menyampaikan harapannya bisa berkoalisi. Basuki pun menyambut keinginan koalisi dari partai pemenang Pileg di Sragen yang meraup 15 kursi dari 50 kursi yang ada di DPRD Sragen itu.

“Posisi PAN saat Pilkada Sragen Tahun 2020 lalu juga  berkoalisi dengan PDIP,” tutur Basuki seperti memberi angin segar bagi Bowo beserta pengurus DPC PDIP Sragen yang bertandang ke Kantor DPD PAN Sragen di Jl.Sumba No.12 Sragen. Posisi PAN meraih 4 kursi dalam Pileg 14 Februari 2024 lalu. Kabar bakal terjalinnya koalisi PDIP dan PAN  menguat.

Anind