Wabup Suroto menyiram air kembang di kepala siswa menandai pelantikan Taruna Angkatan I SMKN 1 Plupuh, di Lapangan Widoro Sakti, Selasa (11/6/2024).Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Ratusan siswa SMKN 1 Plupuh menangis sesenggukan dalam dekapan ayah atau ibu mereka, di Lapangan Widoro Sakti Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh, Sragen, Selasa (11/6/2024).

Momen itu terjadi usai digelarnya Pelantikan Taruna Angkatan I yang diadakan di Lapangan itu.

Para siswa dilantik, setelah sebelumnya digembleng selama berhari-hari oleh anggota Koramil Plupuh dalam kedisiplinan maupun baris-berbaris.

Para siswa yang masih berdiri rapi di lapangan, dihampiri ratusan orangtua siswa yang sebelumnya duduk di jajaran tamu undangan. Siswa pun memeluk dan merangkul, serta mencium kaki ayah atau ibunya.

Wakil Bupati Sragen H.Suroto yang menghadiri kegiatan itu mengapresiasi pembentukan Batalyon Taruna SMKN 1 Plupuh angkatan pertama dan diupacarakan secara khidmat.

“Saya berterima kasih karena sekolah SMK berupaya membentengi para siswa dengan pendidikan karakter melalui diksar ketarunaan yg menitikberatkan pada menjaga akhlak dan moral taruna bagi para pelajar,” pesan Wabup H.Suroto saat meresmikan Batalyon Taruna Angkatan I SMKN 1 Plupuh, Selasa (11/6).

Wabup Suroto mengguyur kepala 10 perwakilan Taruna dengan siraman air bunga, kemudian memasangkan topi.

Dikatakan keluarga dan orang tua turut mendukung. Wabup berharap menjadikan momentum itu untuk merenungkan komitmen didikan dan pengembangan diri tetap fokus pada tujuan dan tetap menjadi pribadi yang baik.

“Mari jaga Nana baik sekolah dengan cara menjaga disiplin dan etika serta sikap positif dalam segala hal,” ujarnya.

Kasek SMKN 1 Plupuh Sri Eka Lelana menjelaskan kegiatan itu pembentukan angkatan pertama Taruna SMKN 1 Plupuh yang diikuti 354 siswa. Selain itu juga digelar pameran dan panen raya hasil karya siswa, ada lukisan, batik, aquarium serta hasil kerajinan lainnya.

“Orang tua dihadirkan untuk membangun komunikasi serta agar orang tua mengetahui hasil pendidikan di SMK,” tutur Sri Eka Lelana. Dalam kesempatan itu diperagakan demonstrasi bela diri, baris berbaris variasi dan defile.
Anind