ilustrasi. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Obesitas merupakan kondisi medis berupa berat badan di atas normal karena penumpukan lemak berlebih.

Penyebabkan seseorang mengalami obesitas yaitu, pola makan tidak sehat dapat menyebabkan tubuh menjadi obesitas. Berikut ini adalah beberapa pola makan yang dapat menjadi penyebab obesitas pada seseorang, diantaranya adalah sebagai, banyak mengkonsumsi makanan gorengan, berlemak dan manis. Makan dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang singkat.

Salah satu jenis diet untuk penderita obesitas yang disarankan adalah mengutamakan konsumsi makanan sumber protein yang rendah lemak, seperti daging ikan, daging ayam tanpa kulit, dada ayam, putih telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak.

Penyakit obesitas menjadi ancaman berbahaya bila kita tidak memperhatikan asupan sehari-hari ke dalam tubuh. Obesitas sendiri didefinisikan sebagai penyakit dengan kelebihan atau abnormalitas lemak yang bisa memicu banyak masalah kesehatan.

Para penderita obesitas harus fokus menurunkan berat badan untuk menghindari sejumlah risiko yang mengancam nyawa. Salah satunya dengan mengatur pola makan sehari-hari. Dilansir dari Suara.com namun, bukan berarti penderita obesitas tidak boleh nyemil, lho! Ternyata ada sejumlah camilan rendah kalori yang cocok untuk penderita obesitas. Mau tahu apa saja? Intip ulasannya di bawah!

1. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan karena dikenal sangat rendah kalori. Menukil dari laman WebMD, 14 biji almond diketahui mengandung kurang dari 100 kalori yang baik untuk tubuh. Selain itu, almond juga kaya akan serat dan protein yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

2. Telur rebus

Tak banyak yang tahu bahwa telur rebus menjadi salah satu makanan yang mengandung sedikit kalori. Sebutir telur rebus mengandung sekitar 78 kalori dan 6,3 g protein. Telur rebus cocok disantap sebagai camilan antara waktu sarapan dan makan siang atau antara waktu makan siang dan makan malam.

3. Greek yogurt

Dikutip dari laman Everyday Health, greek yogurt menjadi salah satu camilan rendah kalori yang lezat. Anda bisa bebas memilih variasi greak yogurt yang bebas lemak untuk dapat mengatur kalori agar tetap di bawah 100.

Selain itu, menurut seorang ahli diet bernama Mascha Davis, greek yogurt juga kaya akan protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan membantu untuk tetap kenyang lebih lama.

4. Edamame

Jenis makanan asal Tiongkok ini disebut memiliki sedikit kalori yang bagus untuk menurunkan berat badan. Sebanyak 75 g edamame diketahui mengandung kurang dari 100 kalori.

Kacang kedelai ini juga mengandung 8 g protein dan 4 g serat yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Baby carrots

Berbeda dengan wortel pada umumnya, baby carrots memiliki bentuk lebih kecil dibanding wortel biasa. Hal ini disebabkan karena baby carrots biasa dipanen sebelum mencapai usia panen.

Anda bisa menyantap baby carrots sebanyak 8 buah dengan 2 sendok makan hummus sebagai pelengkap. Menu camilan ini diketahui hanya mengandung sekitar 90 kalori yang cocok untuk diet.

Itu tadi 5 jenis camilan lezat dan menyehatkan yang rendah kalori untuk penderita obesitas.

Claudia