Pemukulan kentongan oleh Dandim 0721/Blora, didampingi Forkopimda Blora, tanda selesainya TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di Desa Geneng. Jumat, 7 Juni 2024.  Foto: Kudnadi Saputro Blora
𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 di Desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah secara resmi ditutup dengan gelaran upacara di lapangan desa Geneng.  Jumat, 7 Juni 2024.
Inspektur upacara Komandan Kodim (Dandim) 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, sedangkan komandan upacara Kapten Inf Sugiyanto, dalam rangkaian upacara itu Irup Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, S.E., secara simbolis menerima kembali alat peralatan kerja dari sejumlah perwakilan.
Penandatangaan naskah serah terima antara Dandim 0721/Blora dengan Pemkab Blora diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Bawa Dwi Raharja.
Dilanjutkan pemukulan kentongan oleh Dandim 0721/Blora, didampingi Forkopimda Blora sebagai tanda selesainya TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di Desa Geneng tersebut.
Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto  menyampaikan bahwa program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.
“TMMD Reguler ke-120, tahun 2024 kali ini mengambil tema Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah,” ucap Dandim Blora, membacakan amanat Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI, Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si.
Tak Ada Hambatan
Dharma Bakti TMMD  mengandung tema TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahtaraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.
Sementara itu, berdasarkan laporan yang disampaikan Pasiter Kodim 0721/Blora Kapten Inf Lukman Hakim, disebutkan bahwa pelaksanaan TMMD Sekuyung Tahap II di desa Geneng, dimulai 8 Mei 2024 sampai dengan 8 Juni 2024.
“Sasaran fisik, pembuatan jalan makadam, pembuatan talud dan pembuatan plat beton telah dilaksanakan dengan hasil 100 persen,” jelas Kapten Inf Lukman Hakim.
Sedangkan sasaran non fisik, lanjut Kapten Inf Lukman Hakim, materi penyuluhan dan ketrampilan yang telah disampaikan dapat diterima, dipahami dan dimengerti oleh masyarakat.
“Selama kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II, Tahun Anggaran 2024  tidak ditemui adanya hambatan,” kata Pasiter Kodim 0721/Blora.
Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II dimeriahkan dengan penampilan seni barongan dan reog Ponorogo serta penari kuda lumping.
Kudnadi Saputro