Habib Syekh bersama Buoati Kebumen Arif Suoiyanto pada acara Kebumen Bersalawat di Alun-alun Kebumen beberapa waktu lalu.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen bakal menggelar acara Pesta Rakyat Kebumen (Perak) yang akan berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 23-25 Agustus 2024 di Alun-alun Pancasila Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan, kegiatan ini sebenarnya hampir sama dengan Kebumen International Expo (KIE). Namun even ini skalanya lebih kecil, dengan durasi waktu yang lebih singkat. Jika KIE diadakan selama 8 hari, Perak hanya 3 hari.

“Di Perak ini sebenarnya hampir sama dengan KIE, namun skalanya lebih kecil, dan waktunya juga lebih singkat. Kita sediakan pameran UMKM, ada  konser musik dan juga kegiatan sosial keagamaan,”ujar Arif Sugoyanto di Pendopo Kabumian, Jumat (7/6).

Selama Perak akan menyediakan stand produk-produk UMKM dari Tim Penggerak (TP)PKK di semua desa yang ada di Kabupaten Kebumen. Bupati meminta masing-masing TP PKK Desa agar mendaftarkan diri melalui TP PKK Kecamatan.

Yang menarik, sebagai panggung hiburan, menurut Bupati, pada even Perak ini akan menghadirkan konser musik Jamrudm grup rock papan atas.Bahkan ada shaalawatan. Bupati memastikan untuk konser musik Jamrud dan shalawatan semuanya gratis.

“Untuk hiburannya, Insya Allah akan ada konser musik bareng Jamrud di tanggal 24 Agustus, malam minggu, kemudian ada juga shalawatan. Semua gratis,”jelasnya.

Selain itu, pada momen ini juga akan diresmikan bangunan Kapal Mendoan (maangan enak karo dolan). Kapal Mendoan ini merupakan realisasi penataan dan relokasi PKL di kawasan Alun-alun untuk ditempatkan di satu selter, agar bisa tertib, bersih, dan indah.

“Beberapa kegiatan lain, nantinya kita juga akan mengadakan Job Fair atau bursa lowongan kerja untuk masyarakat Kebumen, serta masih banyak yang lainnya,”ujarnya.

Bupati bertekad terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan salah satu caranya adalah memperbanyak even yang bisa mendatangkan banyak orang.  Hal ini sekaligus untuk mempromosikan Kebumen dengan berbagai potensinya.

Komper Wardopo