JEPARA(SUARABARU.ID) – Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Dewi Sartika Dabin II Kecamatan Nalumsari, memberikan penguatan literasi media kepada para anggotanya. Dalam kegiatan yang berlangsung Sabtu (8/6/2024), para guru sekolah dasar tersebut mendapat materi teknik menyusun pers release.

Narasumber bersama para kepala sekolah se-Dabin II Satkordikcam Nalumsari

Ketua KKG Gugus Dewi Sartika Ali Mahmudi mengatakan, pers release adalah berita yang disusun sebuah lembaga untuk dikirim ke media massa. “Harapannya pers release itu dapat dimuat sebagai berita,” kata Ali Mahmudi.

Ketua KKG, Kepala SDN 1 Daren, dan Ketuq Dabin II Satkordikcam Nalumsari

Untuk menyampaikan materi tersebut, pihaknya mengundang jurnalis Pemkab Jepara Sulismanto sebagai narasumber.

Saat penyampaian materi oleh narasumber

“Kami punya sepuluh SD negeri dan swasta di Dabin II. Kalau setiap sekolah bisa membuat berita, akan ada banyak kegiatan pendidikan di lingkungan kami yang diketahui publik,” katanya.
Ketua Dabin II Paimin saat pembukaan acara mengatakan, seiring kemajuan dunia digital, kompetensi menulis sangat penting. “Bekal kompetensi yang diterima dari kegiatan ini, harus berdampak pada kemajuan pembelajaran di kelas,” katanya.

Ice breaking peserta

Dia meminta para guru selalu memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, agar siswa mendapat pengetahuan sesuai dengan perkembangan zamannya.
Sedangkan Kepala SDN 1 DarenTotok Sugiyarto menekankan agar hasil kegiatan ini ditindaklanjuti di satuan pendidikan.
“Jangan hanya dicatat di notulen. Kalau ada kegiatan yang dilaksanakan di SD masing-masing, silakan ditulis sebagai berita. Kalau sudah terbiasa pasti mudah. Tinggal membiasakan saja,” kata dia.

Penanggung jawab komunitas belajar KKG Dabin II Nalumsari memandu ice breaking

Selama materi berlangsung, para guru antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dalam penyampaian materi yang dipandu moderator Vita Arifa, dilakukan juga praktik langsung menulis press release.

Hadepe