Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jateng, Kadiyono. Foto: Dok/Humas

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar pembinaan Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) para Insan Pemasyarakatan Jawa Tengah untuk menjaga stabilitas keamanan di Lapas dan Rutan maupun LPKA.

Kegiatan yang berlangsung 3 hari dari tanggal 5 hingga 7 Juni tersebut dipusatkan di Pulau Nusakambangan dengan menghadirkan narasumber dari Ditjen Pemasyarakatan dan Korps Denma Pusdiklatpassus Kopassus Cilacap.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto melalui Kadiv Pemasyarakatan, Kadiyono mengatakan pentingnya pembinaan ini untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam hal penerapan deteksi dini di satuan kerja masing-masing peserta.

“Bersama dengan Narasumber dari DitjenPAS dan Korps Denma Pusdiklatpassus Kopassus Cilacap, kita berkomitmen terus meningkatkan kapasitas petugas Pemasyarakatan,” ujar Kadiyono.

“Ini adalah bentuk upaya kita menghadirkan wilayah hukum Jawa Tengah yang aman dan kondusif,” lanjutnya.

Nusakambangan dijadikan sebagai lokasi pelatihan karena pulau yang terletak di ujung selatan Jawa Tengah ini merupakan pilot project berlangsungnya Revitalisasi Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Nusakambangan dengan maksud karena Pulau Nusakambangan ini merupakan corong nya Lapas Rutan di Jawa Tengah,” kata Kadiyono.

Pembinaan Satgas Kamtib ini diisi dengan berbagai materi tentang keamanan dan pelatihan fisik seperti Peraturan Baris-berbaris (PBB), Bela Diri Militer (BDM), Tata Upacara Militer (TUM) dan bongkar pasang senjata api.

Usai masa pelatihan, diharapkan materi-materi yang didapat peserta bisa menjadi pedoman dalam melaksanakan tugasnya dalam bidang keamanan, khususnya dalam melakukan pencegahan, penindakan dan pemulihan terhadap gangguan kamtib di Lapas, Rutan, dan LPKA.
.

Ning S