Rektor Dr Ferdinand (kanan), saat menerima cinderamata dari panitia SCU Career Fair 2024. Foto: dok/scu

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Soegijapranata Catholic University (SCU), Dr Ferdinandus Hindiarto, merasa prihatin dengan tren meningkatnya NEET di Indonesia. NEET atau Not in Education, Employment, or Training, merupakan keadaan di mana seseorang tidak dalam proses menempuh pendidikan, mempunyai pekerjaan, atau mengikuti pelatihan.

Terhitung sekitar 22,25 persen dari 44,47 anak muda di Indonesia, masuk dalam kategori NEET. Anak muda yang dimaksud, merupakan mereka yang ada dalam rentang usia 15-24 tahun. Angka ini merujuk data Kemenaker RI, pada Agustus 2023 lalu.

Bukan hanya Indonesia, adanya NEET sudah menjadi isu global yang dihadapi semua negara berkembang, hingga ke negara maju. Isu ini juga menjadi salah satu hal penting yang disoroti dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

BACA JUGA: Kuliah di USM Itu Mudah

”Kalau dilihat angkanya yang terus bergerak di 20-28 persen, artinya ada sesuatu yang aneh, sekaligus menarik. Padahal kalau kita lihat peluang kerja juga semakin luas, jadi teman-teman ini pada ke mana? Ini PR besar kita semua,” ungkap Ferdinand.

Hal itu seperti yang dia sampaikan dalam Pembukaan SCU Career 2024 di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU Bendan, Semarang, belum lama ini. Kegiatan itu menjadi salah satu upaya SCU dalam memberikan wadah, untuk menjembatani mahasiswa maupun alumninya dengan berbagai perusahaan.

”Teman-teman bisa ketemu dengan user, semoga bisa cocok dan menjadi partner. Karena kami sangat serius dalam menyiapkan mahasiswa dengan proses pembelajaran yang ada. Penjaminan mutu yang ketat juga kami lakukan, sehingga menjamin para lulusan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Mengasah dan Meningkatkan Kemampuan Menembak Prajurit

Sementara itu, dalam SCU Career Fair 2024, ada lebih dari 220 lowongan pekerjaan yang ditawarkan 35 perusahaan yang hadir. Mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, keuangan, hingga desain grafis.

”Tahun kemarin kita hanya 25 perusahaan. Tetapi tahun ini mitra kita bertambah 10. Sebenarnya ada empat lagi yang ingin bergabung, tapi karena keterbatasan kami coba akan wadahi mereka di event berikutnya,” jelas Kepala Soegijapranata Student Career Center (SSCC) SCU, Yuliana Sri Wulandari SE.

Perusahaan-perusahaan itu di antaranya, Bank Mandiri, Yogya Group, Honda Semarang Center, PT Bina Karya Prima, dan Libratama Group. PT Surya Digital Teknologi juga hadir dan membuka Campus Hiring, yang diikuti lebih dari 40 alumni SCU. Selain itu, 15 perusahaan lainnya juga ikut hadir secara online, melalui Zoom Company Expo.

Riyan