Kapolda Jateng saat Safari Kamtibmas di Banjarnegara. Foto: Dok/Humas (4/6/2024)

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi hadiri Safari Kamtibmas yang dilaksanakan di Haris Hotel Kabupaten Banjarnegara pada Selasa (4/6/2024).

Menurut Luthfi, tujuan kegiatan ini untuk merumuskan strategi keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada. Ia menekankan pentingnya sinergitas antara 3 pilar, yaitu pemerintah desa, TNI, dan Polri, untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.

“Pada kesempatan ini kita berkumpul merumuskan keamanan di wilayah, di saat bangsa Indonesia melakukan ekspansi kegiatan yang sedang berjalan dalam pembangunan Nasional dan gelaran Pilkada yang akan kita lakukan,” ujar Luthfi.

Ia mengatakan, ketiga pilar tersebut merupakan elemen penting yang mampu mengendalikan wilayahnya. Ia juga menyampaikan pentingnya pengecekan sinergitas di masing-masing wilayah, serta pentingnya gotong royong sebagai nilai yang harus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Bhabinsa dan Bhabikamtibmas serta stakeholder lain setiap hari harus bahu-membahu bergotong royong. Semangat ini yang harus terus kita jaga,” ungkapnya.

Kapolda menambahkan bahwa Sispammako dan Sispamkota adalah cara bertindak yang dilakukan oleh Polres secara mandiri jika terjadi kontijensi saat gelaran Pilkada.

Ning S