PKY Jateng bersama mahasiswa magang gelar webinar terkait integritas dan transparansi peradilan. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jateng menyelenggarakan webinar dengan tema “Meningkatkan Integritas dan Transparansi Peradilan melalui Pengawasan Efektif Pasca Pemilu 2024 Oleh Komisi Yudisial” melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa magang dari UIN Walisongo Semarang dan PKY Jawa Tengah.

Koordinator PKY Jawa Tengah, Muhammad Farhan menyampaikan materi mengenai pentingnya integritas dan transparansi dalam sistem peradilan, terutama dalam konteks pemilu yang baru saja dilaksanakan pada tahun 2024.

Farhan menekankan bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengawasan peradilan sangat penting untuk meningkatkan akuntabilitas dan kepercayaan publik terhadap sistem peradilan. “Harapan dari webinar ini adalah adanya partisipasi aktif dari kita sebagai masyarakat dalam proses pengawasan peradilan, untuk meningkatkan akuntabilitas dan kepercayaan publik terhadap sistem peradilan,” ungkapnya baru-baru ini.

Acara ini berhasil menarik perhatian banyak peserta yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang peran Komisi Yudisial dalam menjaga integritas peradilan. Melalui diskusi interaktif, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada pemateri.

Diharapkan, masyarakat khususnya para mahasiswa, dapat lebih memahami pentingnya integritas dan transparansi dalam sistem peradilan dan dapat berkontribusi dalam upaya pengawasan yang efektif pasca Pemilu 2024.

Menurut Ketua Pelaksana, Indra Purwanto, tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya integritas dan transparansi dalam sistem peradilan serta memperkuat peran Komisi Yudisial dalam mengawasi proses peradilan. “Webinar ini diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran yang berharga, menyerap ilmu baru, dan berbagi pengalaman serta memperkaya wawasan bagi teman-teman peserta webinar,” kata Indra.

Ning S