Ribuan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pacitan, Jatim, ramai-ramai melakukan unjuk kebolehan dalam ajang Pekan Inovasi Tim Penggerak (TP) PKK Desa/Kelurahan Tahun 2024.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ribuan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pacitan, Jatim, Rabu (5/6/24), ramai-ramai melakukan unjuk kebolehan. Aksi massal mereka ini, digelar dalam ajang Pekan Inovasi Tim Penggerak (TP) PKK Desa/Kelurahan Tahun 2024.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, ribuan kader PKK tersebut memadati halaman Pendapa Kabupaten Pacitan. Mereka adalah kader PKK perwakilan dari 12 kecamatan se Kabupaten Pacitan. Kehadiran mereka, untuk mengikuti Pekan Karya Inovasi TP PKK Desa/Kelurahan 2024.

Acara akbar tersebut, dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Dalam event tersebut, para kader tampil menyuguhkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan beragam kreativitas, termasuk bidang seni budaya serta menggelar perlombaan. Diantaranya senam pagi, parade/defile, yel-yel 10 program pokok PKK, serta lomba jingle  penyuluhan PKK Pokja I.

Selain itu, menggelar lomba mendongeng Bunda Paud desa/kelurahan, lomba kreasi souvenir berbahan baku bagian pohon kelapa, lomba membuat majalah dinding (Mading) media penyuluhan di posyandu, dan mengadakan bazar produk Usaha Mikro Kecil Memengah (UMKM) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

Dalam sambutannya, Mas Aji (panggilang akrab Bupati Pacitan), berharap momentum tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kader, untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, serta mempererat silaturahmi sesama kader.

Launching

“Saya berpesan kepada Pak Camat dan Kepala Desa, tolong TP PKK ini didampingi terus,” tandas Mas Aji.Sementara Ketua TP PKK Provinsi Jatim melalui Ketua Bidang (Kabid) Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga, Wilis Susilowati Budi Santoso, mengatakan, selain menjadi sarana silaturahmi, Pekan Karya Inovasi TP PKK Desa/Kelurahan ini, juga menjadi ajang bagi kader PKK untuk menggali potensi SDA (Sumber Daya Alam) dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) kader. “Melalui inovasi, akan tercipta sesuatu yang baru dalam berbagai bidang, yang bisa bermanfaat bagi manusia,” katanya.

Selain perlombaan, juga akan digelar malam penganugerahan penghargaan Pekan Karya Inovasi TP PKK desa/kelurahan, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, serta launching e-administrasi PKK dan Toko PKK online.

Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Indrata Nur Bayuaji, menyatakan, tema Pekan Inovasi TP PKK desa/kelurahan adalah ” PKK bergerak untuk kemajuan, PKK berkarya dalam pembangunan.”

Sebagaimana diketahui, Tim Penggerak PKK adalah warga masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan, perorangan, bersifat sukarela, tidak mewakili organisasi, golongan, Parpol, lembaga atau instansi, dan berfungsi sebagai perencana, pelaksana, serta pengendali gerakan PKK.
Bambang Pur