Bertempat di Pendapa Kabupaten Wonogiri, Bupati Joko Sutopo (kiri), Rabu (5/6/24), melantik sebanyak 37 orang pejabat. Mereka yang dilantik, termasuk Pj Sekda Wonogiri, FX Pranata.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Rabu (5/6), melantik sebanyak 37 orang pejabat struktural dan fungsional di lingkup Pemkab Wonogiri. Termasuk yang dilantik, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Fransiscus Xeverius (FX) Pranata, menjadi Pejabat (Pj) Sekda Wonogiri.

Sebagaimana diketahui, Sekda Wonogiri yang lama, Haryono, telah memasuki masa pensiun. Sambil menunggu penggantinya yang definitif, maka dilantiklah Asisten Sekda FX Pranata menjadi Pj Sekda Wonogiri. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan, digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri.

Bupati dalam sambutannya, berharap, dengan dilantiknya Penjabat
Sekda pada hari ini, dapat menjadi pioner dan teladan bagi
seluruh ASN (Aparat Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri. Yakni dalam menerapkan dan menegaskan core value ASN berakhlak. Yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, serta dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang memberikan dampak besar dalam organisasi.

Kabupaten Wonogiri, tandas Bupati, membutuhkan aparatur
pemerintah yang mampu bekerja keras, bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan percepatan pelaksanaan program yang telah direncanakan. ”Saya berharap kepada saudara agar responsif dan cepat bersinergi dengan rekan kerja yang lain, mendukung tercapainya Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Wonogir,” tegas Bupati.

Damkar

Bagian Prokopim Pemkab Wonogiri, menyatakan, sebanyak 37 pejabat yang dilantik itu terdiri atas Pj Sekda, bersama para  Administrator Eselon III dan IV, Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah (Kasek), dan pengangkatan Pejabat Fungsional Penilik dan P2UPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Yakni sebanyak 7 pejabat eselon III, 16 pejabat eselon IV, 8 Kepala Sekolah (Kasek), dan 5 penilik sebagai pejabat fungsional ahli muda dan utama.

Diantara yang dilantik adalah Zyqma Idatya Fitha yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas (Sekdin) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menjadi Kabag Pemerintahan. Sementara Kabag Pemerintahan, Retno Utari, dimutasikan sebagai Sekdin PMD.

Kabid Kepemudaan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Dispora) Sangga Ota Kharisma dilantik menjadi Camat Giritontro. Selanjutnya Kabid Kepemudaan Olahraga diganti oleh Sularno yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Ahli Muda Dispendukcapil.
Berikut Joko  Prayitno (Ahli Muda di Satpol-PP) dilantik menjadi Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol-PP Kabupaten Wonogiri. Joko Prayitno menggantikan Kabid Damkar lama Joko Santosa yang pensiun.
Bambang Pur