Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat menerima tim lomba

JEPARA (SUARABARU.ID) — Setelah menyabet juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Jepara dan berhak atas hadiah  Rp. 1 miliar, Desa Telukawur kini masuk dalam nominasi lima besar dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024.

“Teluk Awur adalah desa mandiri dan salah satu desa wisata di Kabupaten Jepara yang memiliki banyak inovasi,” kata Edy Supriyanta saat menerima rombongan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jateng, Selasa (4/6/2024), yang mengunjungi Desa Teluk Awur, untuk melakukan penilaian dan verifikasi lapangan. Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Jepara Ny Eka Edy Supriyanta, sejumlah kepala OPD  dan Forkopimcam Tahunan

Dengan prestasi ini, Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, menyatakan optimistis Desa Teluk Awur mampu memberikan yang terbaik dan keluar sebagai juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pj Bupati Jepara dan Ny Eka Edy Supriyanta disambut hangat di Teluk Awur

Optimisme ini karena pada 2023 lalu, Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji juga keluar sebagai desa terbaik, ketika mewakili Kabupaten Jepara di ajang serupa untuk tingkat Provinsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jawa Tengah yang diwakili Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dedy Setiawan mengatakan tujuan lomba desa ini di antaranya untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Desa terkait tugas, pokok dan fungsi dan sarana apresiasi dari Pemerintah Provinsi sebagai penghargaan kinerja untuk desa dan semua komponen masyarakat.

Penilaian Lomba Desa ini akan difokuskan dalam penelitian dan verifikasi dokumen di antaranya RPJMDes (red-Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dan RKPDes (red-Rencana Kerja Pembangunan Desa) 2 tahun terakhir. Indikator penilaian lain adalah peningkatan instrumen perkembangan evaluasi desa terkait inovasi desa, wisata desa, dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“PADes Teluk Awur yang mencapai sekitar Rp300juta lebih sungguh menjadi kontribusi pembiayaan yang signifikan,” kata Dedy.

Hadepe