Ketua Pembina DPW PSI Jawa Tengah (Jateng) M Farchan sebut keunggulan Kapolda Jateng Ahmad Luthfi untuk jadi Gubernur Jateng, dalam sebuah deklarasi di Koyta Semarang, Senin 3 Juni 2024. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua Pembina DPW PSI Jawa Tengah (Jateng) M Farchan mendorong Ahmad Luthfi yang juga Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng untuk maju menjadi calon gubernur Jateng 2024-2029.

“Sejauh ini PSI belum menetapkan namun kita memanaskan mesin partai untuk (pemilihan) Gubernur Jateng. Teman-teman diskusi akan ada satu sosok yang paling layak yakni Pak Luthfi. Kita akan lihat potensi dorongan dari teman-teman partai yang lain,” kata dia dalam Deklarasi Relawan Sahabat Luthfi di Kota Semarang, Senin 3 Juni 2024.

Dalam deklarasi itu, M Farchan mengatakan, PSI mendukung Ahmad Luthfi menjadi nominasi yang paling pas untuk maju pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

“Soal beliau akan maju apa tidaknya? Yang bisa menjawab Pak Luthfi. Tapi kami komunikasi antar partai. Kita menata diri dan akan memajukan Pak Luthfi sebagai gubernur (Jateng),” kata dia.

M Farchan mengklaim. Bila Kapolda Jateng Ahmad Luthfi sudah teruji, mulai dengan gaya Komunikasinya dan tuntutan kebutuhan Jawa tengah saat ini.

“Tidak sekedar ujug-ujug yang tiba-tiba pasang gambar minta dicalonkan, itu tidak bisa. Kita melihatnya sejak Kapolres dan menjadi Kapolda (Jateng). Jam terbangnya. Sederhana saja, itulah nilai-nilai yang kita pandang Pak Luthfi memimpin Jateng,” tuturnya.

Menurutnya, Ahmad Luthfi punya kemampuan membuat kekurangan yang dimiliki menjadi kelebihan.

“Kelebihan Pak Luthfi kita tidak boleh meri (iri). Ora (bukan lulusan) Akpol kok bisa (bagus kariernya). Nah justru itu jadi kelebihannya kok.

Dekat dengan Daerah dan Pusat

Selanjutnya, M Farchan bilang, bila seorang Gubernur Jateng fungsinya mediator antara pemerintah pusat dan daerah.

“(Ahmad Luthfi) dengan pemerintah daerah dekat dengan pemerintah pusat apalagi. Jawa tengah kan luar biasa, Presidennya Jawa tengah, Ketua DPR Jawa Tengah, menteri-menteri dari Jawa tengah. Hla kalau pembangunan masih seperti ini ya masih setengah-setengah. Ini momentum Pak Luthfi menggerakkan potensi Jawa Tengah yang sebenar-benarnya,” ucap dia.

Perihal Ahmad Luthfi akan mundur dari Kapolda Jateng, M Farchan menilai bila kepolisian punya aturan tersendiri.

“Saya pikir aturan mainnya di kepolisian, yang penting PSI dukung maju gubernur dan carikan mitra koalisi,” kata dia.

Diaz Aza