Wali Kota Magelang luncurkan Program Gelang Berkah. (Dok B2W Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Dalam upaya mewujudkan Magelang Kota Sepeda, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz Minggu (2/6) meluncurkan ‘Program Gelang Berkah’. Yaitu
‘Gerakan Magelang Bersepeda untuk Kerja dan Sekolah’.

Program ini merupakan upaya Kota Magelang dalam kurangi polusi dan kemacetan, akibat penggunaan kendaraan bermotor (ranmor) pribadi.

Peluncuran ditandai dengan penandatanganan komitmen Magelang sebagai Kota Sepeda oleh Wali Kota Magelang bersama Forpimda serta seluruh elemen masyarakat, termasuk siswa SMP yang memadati Alun-alun setempat.

Kegiatan itu sekaligus melepas start ribuan pesepeda yang ikut sepeda sehat dalam rangka HUT Ke 1118 Kota Magelang.

Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Sepeda Dunia, pada 3 Juni berdasarkan resolusi PBB. Hari Sepeda Dunia juga diperingati di Jakarta, Batam, Bandung dan kota kota lain.

Pada acara itu diserahkan secara simbolis sepeda untuk perwakilan SMP 1, 2 dan 4 hasil sedekah sepeda, sebagai bagian dari Program Gelang Berkah.
SMP 1, 2 dan 4 dipilih menjadi pilot project Gelang Berkah mengingat, berdasarkan hasil survei sekolah tersebut dilintasi jalur sepeda dengan jumlah murid bersepeda yang cukup banyak.

Disamping kegiatan sepeda sehat, juga dilaksanakan atraksi BMX oleh asosiasi BMX Indonesia dan edukasi safety riding oleh tim B2W Indonesia. Ratusan siswa SMP 1, 2 dan 4 serta masyarakat tampak antusias ikuti edukasi bersepeda oleh atlet nasional. Ada 4 atlet nasional yaitu Fadian, Ian Sopiah, Iwan Maruba dan Aditya P.

Tujuan dari atraksi ini adalah untuk menunjukkan bahwa, bersepeda itu keren dan mengajak siswa bersepeda ke sekolah daripada kendaraai kendaraan bermotor.

Fahmi Saimima, Ketua B2W Indonesia mengungkapkan, keprihatinan banyaknya siswa yang belum cukup umur mengendarai motor ke sekolah. Diharapkan melalui kegiatan ini siswa tertarik bersepeda ke sekolah dalam keseharian.

Program kampanye Bike 2 School ini sudah berjalan di kota – kota di Indonesia, dan Magelang terpilih menjadi salah satu kota. Apalagi Magelang terpilih menjadi Kota Ramah Sepeda predikat emas oleh B2W Indonesia tahun 2021.

Salah satu siswa SMP 1 yang mendapatkan bingkisan dari B2W Indonesia, Zahra mengungkapkan, walau rumahnya 7 km dari sekolah dia bersepeda ke sekolah. Dia mengaku senang adanya kegiatan ini dan berharap makin banyak teman bersepeda ke sekolah.

Yoga, selaku Koordinator Wilayah B2W Magelang, menyambut baik peluncuran Program Gelang Berkah yang selanjutnya akan diikuti dengan kegiatan Coaching Clinic dan edukasi bersepeda yang aman di Kota, serta akan berkolaborasi dengan instansi terkait dalam pembuatan rute aman selamat ke Sekolah (RASS).

Doddy Ardjono