Dr Aan Tawli SH MH (tengah), bersama Dr Kukuh Sudarmanto (ketiga dari kiri) dan mahasiswa Angkatan XIX S2 USM, berfoto bersama seusai memberikan kuliah sebagai dosen praktisi secara hybrid system. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua DPD Ikadin Jawa Tengah, Dr Aan Tawli SH MH, memberikan kuliah praktisi ke mahasiswa Magister Hukum Universitas Semarang (USM) Angkatan XIX secara offline dan Online (Hybrid), di Gedung Pascasarjana Lantai 2 USM, Kamis (30/5/2024).

Materi yang disampaikan kepada mahasiswa, terkait penguatan kemampuan akademis bagi praktisi dalam pengabdian kepada masyarakat, dan pentingnya Law Enforcement.

Menurut Aan, urgensitas praktisi hukum dalam pengabdian kepada masyarakat dan pentingnya Law Enforcement adalah, negara perlu praktisi hukum sebagai pengawas kebijakan.

BACA JUGA: Pemadaman Api Berlangsung Sampai Dinihari

Praktisi hukum harus mampu memberikan solusi inovatif, terhadap tata kelola pemerintahan. Kemampuan akademis yang unggul bagi praktisi hukum, menjadi kunci utama untuk meraih sukses.

”Para mahasiswa yang kuliah di Magister Hukum USM ini, sudah tepat memilih perguruan tinggi. Karena para alumni Magister Hukum USM ketika berkompetisi, terbukti punya kemampuan akademis unggul, dan praktisi managerial yang juga luar biasa.

Adanya kegiatan kuliah praktisi ini, membuat bangga Haizul Ma’arif SH. Ketua DPRD Jepara itu merasa senang bisa mengikuti kuliah dosen praktisi, yang juga alumni USM. ”Kehebatan Pak Aan bisa menjadi motivasi kami dalam mengabdi,” ujarnya.

BACA JUGA: Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Sasar Warga Padas yang Tengah Alami Kemarau 

Hal senada diungkapkan mahasiswi Dylla Fadylla SH. Sebagai penyanyi dan lawyer, Dylla ingin meniru kiat-kiat praktisi Dr Aan, alumni Magister Hukum USM, yang sukses mengabdi pada masyarakat dan negeri.

Sementara itu, Kaprodi Magister Hukum USM, Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA S Sos SH MM MH menyatakan, kuliah dosen praktisi dari alumni itu, diharapkan dapat memberikan motivasi akademis, dan ambisi karier yang visioner. Hal ini untuk menjadikan pemimpin yang beradab dan berwawasan global.

”Sehingga mahasiswa-mahasiswi Magister Hukum USM dapat berpola pikir sinergi komprehensif dalam meramu teoritis dan praktis, untuk berimprovisasi membedah kasus yang terjadi di masyarakat,” ungkapnya.

Riyan