Dengan membawa serta dua unit mobil brandweer, Regu-3 Damkar Pemkab Wonogiri Pimpinan Setyo Pamungkas, menuntaskan pemadaman sampai Senin dinihari (2/6/24) Pukul 03.00.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Proses pemadaman kebakaran di area buangan limbah penggergajian kayu, berlangsung sampai Senin dinihari (3/6/24) Pukul 03.00. Lokasi kebakaran berada di Dusun Puhpelem RT 2/RW 1, Desa Puhpelem, Kecamatan Puhpelem (sekitar 65 kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Kepala Satpol-PP Kabupaten Wonogiri Joko Susilo dan Pj Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Hery Indrastriyono melalui Koordinator Lapangan (Korlap) Sriyanto Kembo, menyatakan, pemadaman dilakukan oleh Regu-3 Damkar Pimpinan Komandan Regu (Danru) Setyo Pamungkas.

Tim Damkar Pemkab Wonogiri membawa serta dua unit mobil brandweer ke lokasi dengan kekuatan 10 personel. Mulai melakukan pemadaman pada Pukul 22.30 dan berlangsung selama 4,5 jam. Pemadaman dibantu personel Polsek Puhpelem Pimpinan Kapolsek Iptu Purwanto, bersama Anggota Koramil, Perangkat Desa dan masyarakat.

Tidak ada korban jiwa, kobaran api dapat dikendalikan dan tidak merembet ke gudang maupun ke rumah penggergajian kayu. Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Ada dugaan sumber kebakaran berasal dari api pembakaran sampah, yang merembet ke area pembuangan limbah penggergajian kayu.

Kepada petugas, Saksi Aquar Ariyanto dan Arif Dwi Santosa, melihat api pembakaran sampah menyala Minggu petang (2/6/24) Pukul 18.30. Itu dia lihat bersamaan saat memuat kayu dari gudang milik Septo Utomo. Kedua saksi ini dibantu warga sekitar, awalnya berupaya memadamkannya, tapi gagal karena nyala apinya makin membesar. Sementara di lokasi, tidak tersedia air dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Kejadian ini segera dilaporkan ke Perangkat Desa setempat dan diteruskan ke Polsek Puhpelem, serta dilakukan kontak permohonan bantuan pemadaman ke Damkar Pemkab Wonogiri.
Bambang Pur