Pelatihan akbar penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Semarang. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Semarang menggelar pelatihan akbar penyembelihan hewan kurban yang berlangsung di Aula Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang, Minggu (2/6/2024).

Dalam pelatihan akbar ini Juleha Kota Semarang menggandeng Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jateng.

Abdul Basith, selaku Pj. Ketua Juleha Kota Semarang mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan dari Juleha Kota Semarang sebagai penutup rangkaian kegiatan sebelumnya, yaitu sharing edukasi ke masjid-masjid, mushola dan tempat penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

“Juleha Kota Semarang sebelumnya mengadakan edukasi ke masjid-masjid, mushola dan di lembaga penyembelihan hewan kurban. Pelatihan akbar hari ini adalah sebagai puncaknya, untuk menghadapi Idul Adha (kurban) mendatang,” kata Basith.

Menurut Basith sasaran pelatihan ini untuk takmir masjid, takmir mushola ataupun penyelenggara ibadah kurban, dengan jumlah peserta 110 orang baik dari Kota Semarang maupun luar Kota Semarang.

“Tujuan pelatihan ini untuk kesadaran masyarakat agar mendapatkan daging kurban yang halal, aman, sehat dan daging yang utuh,” ujarnya.

Ia menilai sejauh ini masih banyak takmir di masjid-masjid maupun mushola yang kurang memahami cara penyembelihan hewan kurban dengan benar.

“Setelah kita lakukan sharing keliling masih banyak dijumpai mereka yang kurang memahami cara penyembelihan dengan benar (belum sempurna),” tandasnya.

“Yang pertama dikoreksi adalah pemilihan, apakah hewan ini layak untuk dikonsumsi. Kedua perobohannya, dimana selama ini masih banyak yang belum memahaminya, padahal ini salah satu kunci sukses supaya penyembelihan bisa maksimal agar hewan tidak stres. Karena jika hewan stres maka proses penyembelihan mengalami kesulitan,” jelasnya.