Bupati Indrata Nur Bayuaji (berdiri di podium), menyampaikan sambutan pengarahan pada acara sosialisasi program PTSL di Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jatim.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Jatim, bersama Kantor Pertanahan Pacitan, gencar melakukan sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2024 kepada masyarakat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, langkah itu dilakukan guna menuju Pacitan sebagai “Kabupaten Lengkap” PTSL, sesuai target Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Mencapai Kabupaten Lengkap tidak mudah karena masih banyak bidang tanah di Pacitan yang belum PTSL. Ini butuh kerjasama semua pihak termasuk masyarakat,” tegas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Penegasan Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) ini, disampaikan saat menyampaikan sambutan dalam acara sosialisasi program PTSL di Kecamatan Punung.

Mas Aji, sangat berharap adanya kerjasama semua stakeholder, mengingat proses PTSL cukup panjang, yakni mulai dari pendataan, pengukuran hingga penerbitan sertifikat. Belum lagi, kondisi geografis Kabupaten Pacitan yang sulit.

Dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Kantor BPN Pacitan, tambah Bupati, bantuan dan kerjasama tersebut sangat dibutuhkan agar semua berjalan lancar.

Hak tersebut juga diakui Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Ahmad Syaikhu. Menurutnya, sukses program PTSL karena adanya kerjasama semua pihak termasuk peran dari masyarakat. Terbukti, tahun 2022 Kabupaten Pacitan sukses memetakan 30 ribu bidang tanah, dan naik menjadi 60 ribu bidang tanah di tahun 2023.

“Target menuju Kabupaten Lengkap ini memang berat tapi juga kesempatan baik bagi Kabupaten Pacitan agar seluruh bidang tanah bisa terpetakan tahun ini,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Ahmad Syaikhu.

Sosialisasi PTSL 2024 kali ini berlangsung di dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Punung dan Kecamatan Donorojo, dan ini akan terus dilakukan hingga menjangkau sebanyak12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan. Sesuai data dari Kantor Pertanahan Pacitan, di Kecamatan Punung masih terdapat  sekitar 14.127 bidang yang belum PTSL, sedangkan Donorojo sebanyak 6.463 bidang.
Bambang Pur