PWI Pusat menjadwalkan seminar dengan tema 'Tantangan Menyelenggarakan Pilkada Damai Serentak 2024'. yang akan digelar di Hall Dewan Pers, Rabu (5/6/2024) mendatang. Foto: dok/pwi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan Seminar Pilkada Damai 2024. Tema yang diambil, ‘Tantangan Menyelenggarakan Pilkada Damai Serentak 2024’.

Seminar itu akan diselenggarakan di Hall Dewan Pers, Rabu (5/6/2024) mendatang, dengan mengundang beberapa perwakilan partai politik, wali kota, bupati, wartawan, dosen, mahasiswa dan masyarakat.

Raja Pane menyampaikan hal itu, sesuai keputusan rapat panitia seminar yang dipimpinnya, di Kantor PWI Pusat, Jumat (31/5/2024).

BACA JUGA: Liga Sukun U17: Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen Pekan Ketiga

Seminar ini digelar juga berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 200.2.1/2222/SJ, Tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Seminar PWI Pusat 2024, M Sarwani menambahkan, seminar yang akan dibuka Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun ini, akan menghadirkan Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, yang akan membahas tentang peranan pers mengawal Pemilu yang berkualitas.

Selanjutnya juga menghadirkan Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, yang akan membahas mengenai penyiapan penganggaran, SDM, dan pendukung Pemilukada 2024. Sedang anggota KPU RI, August Mellaz, akan berbicara mengenai progress reports Pilkada 2024.

BACA JUGA: Kakanwil Tejo Cek Layanan Fast Track Makkah Route Keberangkatan Jemaah Calon Haji 

”Seminar ini juga menghadirkan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, yang nantinya akan membahas mengenai Nilai Penting Jakarta Sebagai Episentrum Keamanan Nasional,” ujar Sarwani, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/5/2024).

Pembicara lain adalah, Titi Anggraini, dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), yang membahas mengenai Perspektif Pilkada dan Pilpres.

”Acara seminar ini juga akan berlangsung secara zoom, untuk pengurus PWI di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Riyan