BANGUNAN KUNO - Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah didampingi Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro dan Sekretaris DPRD Kota Tegal Herviyanto memeriksa bangunan kuno DPRD Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal), Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkat Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah SE MM M Tr Han, memimpin napak tilas di Lembaga Pendidikan TNI AL pertama didirikan di Indonesia yakni Kota dan Kabupaten Tegal.

Napak tilas Dankodiklatal bersama rombongan salah satunya melihat tempat dan bangunan DPRD Kota Tegal, Kamis (30/4/2024).

“Hari ini kita dari Pendidikan TNI AL, Kodiklatal, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi AL, Komandan Seskoal, dan pendidik lainnya, melakukan napak tilas ke Lembaga Pendidikan TNI AL yang pertama didirikan di Indonesia,” kata Dankodiklatal.

Dijelaskan, Lembaga Pendidikan TNI AL yang pertama ada di Tegal seperti Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kalibakung Kabupaten Tegal, ada SAL Tegal yang saat menjadi SD Pius Jalan Kapten Ismail Kota Tegal, ada di Jalan Gajahmada (Gayam) Kota Tegal, Sekolah Bintara, dan sebagainya yang ada di Tegal.

“Kita ingin melihat kembali, yang sekarang kita lihat adalah semangat dan keinginan mereka membuat Angkatan Laut atau pemuda-pemuda yang saat itu berjuang di laut bisa kita dapatkan sekarang ini,” terang Dankodiklatal.

Lebih lanjut Jenderal bintang tiga itu berharap Tegal itu menjadi mercusuar. Karena dari Tegal ini banyak sekali lahir nama-nama pejuang spererti RE Martadinata, Yos Sudarso, Ali Sadikin, Sudomo. “Beliau tidak lahir disini (Tegal) tapi beliau dididik disini dan berjuang disini,” ucap Dankodiklatal.

Rombongan Jendral Lembaga Pendidikan TNI AL didampingi Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro ST dan Sekretaris DPRD Kota Tegal, Herviyanto Gunarso Wisnu Purbo SIP MSi melihat beberapa arsitektur bangunan kuno DPRD.

Selain napak tilas rombongan juga melakukan ziarah di Kalibakung Tegal dan sejumlah tempat lain.

Sutrisno