KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus mengawali babak 8 besar Liga 3 Nasional dengan sempurna. Melawan Tornado FC Pekanbaru, di stadion Mini Cibinong, Kamis (30/5), Macan Muria menang dengan skor telak 2-0. Dua gol kemenangan Persiku dicetak oleh Zola Anggoro di menit 26 serta Solikhul Islam di menit 87.

Di pertandingan lain pada grup yang sama, Persibo hanya mampu bermain seri tanpa gol kontra Persikota. Hasil tersebut membuat anak asuhan Deny Rumba kini bertengger di puncak klasemen grup 2 babak 8 besar Liga 2. Sementara Tornado FC harus terbenam di dasar klasemen.

Raihan poin sempurna tersebut sekaligus membuat peluang Persiku untuk lolos ke Liga 2 terbuka lebar. Sesuai regulasi yang ada, tim peringkat 1,2 dan 3 di tiap-tiap grup akan promosi ke Liga 2 musim depan.

Secara matematis, Macan Muria tinggal membutuhkan satu angka lagi untuk menyegel tiket Liga 2 dengan mengincar peringkat 3 klasemen. Namun, Heri Ivan dkk bahkan memiliki kans besar untuk lolos ke babak semifinal jika di laga berikutnya bisa meraih satu kemenangan lagi.

Mengawali pertandingan, Persiku menurunkan sejumlah pemain intinya yang di laga sebelumnya sempat diistirahatkan. Situasi tersebut membuat para sebelas pertama Persiku mampu tampil solid di sepanjang pertandingan.

Gol Persiku tercipta di menit 26. Berawal dari tendangan bebas, bola yang membentur pagar betis pemain lawan, mampu dikuasai oleh Zola Anggoro. Melalui tendangan first time, Zola sukses mengubah skor menjadi 1-0 untuk Persiku.

Kebobolan satu gol membuat Tornadi FC langsung tersengat. Tim asal Pekanbaru tersebut mampu memeragakan permainan taktis dengan menguasai lini tengah dan melancarkan serangan-serangan berbahaya.

Namun, barisan belakang yang dikomandoi sang kapten Heri Ivan mampu tampil solid. Benteng kokoh tersebut juga ditopang penampilan apik kipper Yoga Arif yang beberapa kali mampu membaca arah serangan lawan. Akibatnya, beberapa peluang berbahaya Tornado FC hanya terbuang sia-sia.

Di babak kedua, situasi tak banyak berubah. Deny Rumba nampaknya menginstruksikan anak asuhnya untuk lebih memperkokoh lini pertahanan dengan sesekali melakukan counter berbahaya.

Hal ini membuat Tornado FC seakan menemui tembok yang cukup tebal. Peluang-peluang mereka gagal menembus rapatnya  lini pertahanan Macan Muria.

Persiku akhirnya sukses melakukan kill the game di menit tiga menit sebelum pertandingan berakhir. Melalui serangan dari sisi sayap, Solikhul Islam mampu melakukan penetrasi ke dalam kotak penalty.

Usai melewati dua pemain, Solikhul dengan percaya diri melakukan shooting keras yang membentur paha salah satu bek Tornado FC. Hal tersebut membuat bola berbelok arah dan mengecoh penjaga gawang Tornado FC, Zainus Subhan. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup laga.

Persiku akan melakoni laga berikutnya pada Sabtu (1/6) pukul 13.15  WIB melawan Persikota. Sementara, laga ketiga, Macan Muria akan melawan lascar Angling Darma Persibo Bojonegoro pada Senin (3/6) pukul 15.30 WIB.

Ali Bustomi