Terapi laser untuk menghilangkan flek hitam. Foto: Dok/Pribadi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Siapa diantara teman-teman yang kalau datang ke dokter dengan kasus flek mintanya langsung di laser? Bahkan tidak mau menggunakan krim dan mengikuti anjuran lainnya.

Yuk kita bahas! Kita semua mengetahui kasus flek hitam di wajah dapat menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Terapi laser telah menjadi salah satu pilihan populer untuk menghilangkan flek hitam yang membandel. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang perlukah laser untuk menghilangkan flek hitam dan efek samping yang mungkin terjadi.

Apakah Flek Itu?

Flek/bercak hitam pada kulit itu bisa disebabkan berbagai faktor baik genetik, paparan radiasi uv matahari, blue light pada gadget, hormonal, trauma/bekas luka/masalah kulit (bisa luka bakar, jerawat, gigitan, bekas jatuh, dan lainnya), dan juga obat-obatan.

Jenis flek juga beraneka ragam bisa PIH (post inflamatory hyperpigmentasi), melasma, freckles, chloasma, lentigo, dll. Tentu penanganannya pun disesuaikan dengan diagnosanya.

Bagaimana Menangani Flek?

Ada beberapa jenis flek yang tidak bisa hilang sempurna, dan setelah hilang pun bisa muncul kembali. Maka dibutuhkan usaha yang maksimal, juga dari pasiennya sendiri mengatasi fleknya. Mengatasi flek bukan hanya dengan laser ya, walau laser bisa membantu mengatasi tapi tidak semua flek bisa diatasi dengan laser dan tidak semua jenis kulit itu bisa dilaser.

Sebelum dan setelah laser pun banyak yang harus dipertimbangkan dan dilakukan. Dan perlu digarisbawahi tidak cukup hanya dengan tindakan perawatan di klinik saja. Kulit kita perlu perlindungan dari faktor penyebab munculnya flek dan juga perawatan yang rutin untuk menutrisi sel kulit.

Berikut ini merupakan rangkaian pengobatan dalam penanganan flek:

1. Produk skincare topikal dan juga kosmedik/kosmetik yang bersifat medik atau memiliki manfaat dalam pengobatan tertentu (khususnya sunblock/tabir surya/sunscreen yang mengandung spf minimal 30 untuk melindungi dari radiasi uv, dan rangkaian lain krim malam, sabun, serum, moisturizer, obat topical resep dokter, dan lainnya) sesuai kebutuhan.

2. Perawatan di klinik (peeling, aneka jenis laser sesuai kebutuhan, mesoflek/injeksi flek, dermabrasi, pembedahan, dan lainnya) yang disesuaikan kondisi kulit

3. Obat minum sesuai indikasi dokter