Terapi laser untuk menghilangkan flek hitam. Foto: Dok/Pribadi

4. Pengaturan gaya hidup (stop merokok, kebiasaan mengulang sunscreen (dianjurkan per 3 jam), kurangi paparan sinar matahari, dan lainnya)

5. Menghentikan faktor resiko/pencetus, misalnya penggunaan obat-obatan tertentu, pil KB, dan lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Laser Menghilangkan Flek Hitam?

Terapi laser untuk menghilangkan flek hitam bekerja dengan menargetkan bintik-bintik gelap menggunakan energi cahaya. Energi cahaya ini membakar sel-sel kulit yang lebih gelap, sehingga menghilangkan flek hitam. Proses ini relatif cepat dan efektif, namun perlu dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter kulit atau kecantikan yang berpengalaman.

Jenis Laser untuk Menghilangkan Flek Hitam

Ada beberapa jenis laser yang digunakan untuk menghilangkan flek hitam, seperti Picolaser, NDYAG Laser, Pro Yellow Laser, IPL dan lainnya. Picolaser menggunakan energi cahaya yang lebih spesifik untuk menghilangkan flek hitam yang lebih gelap. IPL menggunakan energi cahaya yang berfokus untuk memudarkan flek hitam, meremajakan kulit, dan menghilangkan jerawat bandel sekaligus bekasnya.

Efek Samping Laser

Walaupun terapi laser relatif aman, efek samping mungkin terjadi, seperti pembengkakan, kemerahan, muncul jaringan parut, infeksi, dan perubahan tekstur kulit. Namun, efek samping ini biasanya hanya sementara dan dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Sehingga dalam proses pengerjaannya harus dikerjakan oleh ahlinya dan mengikuti arahan penanganan pasca tindakan.

Perawatan yang Diperlukan untuk Menjaga Hasil Laser

Agar hasil laser tidak sia-sia dan mencegah munculnya kembali flek hitam, beberapa langkah perawatan harus dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan tabir surya minimal SPF 30 ketika keluar rumah, bersihkan area wajah dengan lembut setiap hari, oleskan pelembap secara teratur, kompres dingin di sekitar area wajah untuk meredakan bengkak, dan hindari menyentuh atau menggaruk kulit setelah perawatan.

Harga Laser Wajah

Harga laser wajah untuk menghilangkan flek hitam dapat berbeda-beda tergantung jenis perawatan yang dipilih dan klinik kecantikan yang digunakan. Namun, biaya laser wajah di beberapa klinik kecantikan di Indonesia telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah.

Terapi laser untuk menghilangkan flek hitam di wajah telah menjadi pilihan yang efektif dan relatif aman. Namun, perlu diingat bahwa perawatan ini harus dilakukan sesuai indikasi, dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter kulit atau kecantikan yang berpengalaman. Dan tidak semua jenis flek harus ditangani dengan laser. Dengan melakukan beberapa langkah perawatan yang tepat, hasil laser dapat dipertahankan dan mencegah munculnya kembali flek hitam.

Oleh dr. Yulia W.P., M. Biomed, M. H. Kes, AIFO-K