Gerbang Kampus UKSW Salatiga. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akan menggelar Rapat Senat Terbuka untuk mengukuhkan tiga guru besar. Acara istimewa ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 30 Mei 2024, mulai pukul 08.30 WIB di Balairung Universitas.

“Dalam kesempatan bersejarah ini, UKSW akan mengukuhkan tiga akademisi, dua Guru Besar dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan satu Guru Besar dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM),” terang Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Talenta (DITA) Rakhel Paskah Kurniawati, S.Si. M.M.

Prof. Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., M.M., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen di FEB. Disertasinya yang berjudul “Eco-Office: Tumbuhkembangkan Perilaku Kreatif Ramah Lingkungan di Kantor” menyoroti pentingnya perilaku ramah lingkungan dalam lingkungan kerja untuk menciptakan kantor yang berkelanjutan dan efisien.

Prof. Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D., juga akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen di FEB. Dengan disertasinya yang berjudul “Model Holistik Pengembangan Sumber Daya Manusia Seutuhnya Berbasiskan Inti Kemanusiaan Menuju SDM Berkelanjutan,” Prof. Lieli Suharti mengusulkan pendekatan holistik dalam pengembangan sumber daya manusia yang tidak hanya berfokus pada aspek profesional, tetapi juga pada nilai-nilai kemanusiaan yang mendasar.

Sedangkan Prof. Didit Budi Nugroho, S.Si., M.Si., D.Sc., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Statistika di FSM. Karya ilmiahnya tentang “Peran Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Model Volatilitas Pasar Keuangan” mengeksplorasi bagaimana kecerdasan buatan dapat digunakan untuk memahami dan memprediksi volatilitas di pasar keuangan, memberikan kontribusi signifikan dalam bidang statistik dan keuangan.

Acara tersebut akan dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen, mahasiswa, serta tamu undangan dari berbagai institusi. Pengukuhan ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi para profesor yang dikukuhkan, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi UKSW dalam meningkatkan kualitas akademik dan memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Pengukuhan ini menjadi bukti komitmen UKSW dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membangun sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Ning S