Si Piku Macan Muria menjadi maskot resmi Pilkada Kudus 2024. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus secara resmi meluncurkan Si Piku (Siap Pilkada Kudus) menjadi maskot resmi gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2024. Dalam waktu bersamaan, KPU Kudus juga meluncurkan jingle resmi untuk Pilkada Kudus 2024.

Acara peluncuran ini pun berlangsung meriah dengan penampilan eks vokalis ADA Band, Donnie Sibarani di Alun-alun Simpang 7 Kudus pada Rabu (28/5) malam.

Ribuan warga Kudus terlihat berbondong-bondong memadati Alun-alun selama peluncuran maskot Si Piku berbentuk Macan Muria, fauna yang identik dengan Kabupaten Kudus, lengkap mengenakan pakaian Kudusan serta membawa paku dan surat suara.

Ketua KPU Kudus, Ahmad Amir Faisol menjelaskan, maskot Si Piku yang berwujud Macan Muria berdiri tegak dengan tersenyum merupakan representasi dari upaya KPU Kudus untuk mengikuti Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 20204 secara humanis.

Selain itu, jari kelingking berwarna ungu Si Piku juga menunjukkan bahwa hak pilihnya sudah digunakan untuk menentukan pilihan pemimpinnya.

Melalui peluncuran tersebut, Faisol mengajak seluruh masyarakat Kudus untuk memberikan hak pilihnya dalam Pilkada Kudus mendatang.

“Nanti tanggal 27 November 2024 jangan lupa ke TPS. Pilih calon gubernur, wakil gubenur, calon bupati dan wakil calon bupati Kudus,” ajak Faisol.

Dirinya pun berharap, rangkaian tahapan Pilkada Kudus bisa berjalan sukses dari awal hingga akhir. “Bulan depan sudah mulai coklit, pantarlih akan mulai datang ke rumah-rumah. Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar, sukses sampai akhir,” harapnya.

Ketua KPU Kudus Ahmad Amir Faisol bersama jajaran Forkopimda saat meluncurkan tahapan Pilkada Kudus 2024. foto: Ali Bustomi

Ajakan yang sama juga disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhammad Hasan Chabibie. Saat memberikan sambutannya, Hasan mengajak seluruh masyarakat Kudus untuk memberikan hak pilihnya dalam Pilkada 27 November 2024 nanti.

“Jangan golput, masa depan Kudus ada di pundak bapak ibu semuanya,” katanya.

Pj Bupati juga mengajak seluruh masyarakat hingga stakeholder lainnya di Kudus untuk bersatu membangun situasi Pilkada yang sejuk.

Kondusifitas Pemilu yang terjaga apik pada 14 Februari 2024 lalu, diharapkan tetap terjaga untuk Pilkada mendatang.

“Semoga Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih mampu membawa kemaslahatan untuk Kabupaten Kudus ke depan,” harapnya.

Usai sambutan sejumlah pimpinan, peluncuran maskot dan jingle Pilkada pun dilanjutkan dengan bernyanyi bersama Donnie Sibarani.

Warga Kudus yang hadir pun langsung berdiri dan mendekat ke arah panggung utama untuk menyaksikan mantan vokalis ADA Band tersebut.

Setidaknya ada 10 lagu yang dinyanyikan Donnie dalam kesempatan malam tadi. Diantaranya ada lagu-lagu hits dari ADA Band, seperti Manusia Bodoh, Kau Auraku, hingga Karena Wanita.

Semua yang datang terlihat sangat menikmati acara tersebut. Hingga pukul 23.00 WIB, penampilan Donnie ditutup dengan menyanyikan lagu berjudul Rungkad yang dipopulerkan oleh Happy Asmara.

Ali Bustomi