Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani saat menerima Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jateng Uswatun Hasanah

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pada  Pameran dan Festival Semarak Bulan Merdeka Belajar yang berlangsung di Taman Aksobya Borobudur Kabupaten Magelang, SMPN 5 Jepara  yang menjadi duta Jepara menampilkan inovasinya alat pembuat filamen dari daur ulang botol bekas, sebagai bahan alternatif pengganti rotan. Inovasi ini telah meraih medali perak dan expo terbaik dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Tingkat Nasional.

Alat pembuat filamen dari daur ulang botol bekas, sebagai bahan alternatif pengganti rotan

Pameran yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional  oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP)  Provinsi Jawa Tengah  ini digelar tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2024. Kegiatan tersebut diikuti oleh satuan pendidikan dilingkungan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan  Kabupaten/Kota serta Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan  mitra pembangunan

Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani saat menjelaskan pada pengunjung

Bersamaaan dengan pameran diselenggarakan pula  apresiasi lomba potret cerita kurikulum merdeka, penampilan seni peserta didik dan mahasiswa serta grand final pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Stand pemeran yang ditunggui langsung oleh Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani mendapatkan banyak pujian dari pengunjung, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah. Ia menilai karya sekolah ini inovatif dan menarik sebab mampu mengolah sampah menjadi barang bermanfaat yang  memiliki nilai estetik dan nilai ekonomi  yang tinggi.

Inovasi ini menurut Uswatun Hasanah juga selaras dengan konsep 3 R dalam pengolahan sampah plastik yang saat ini bukan saja menjadi isu nasional tetapi juga internasional. “Konsep 3 R ini adalah reuse atau menggunakan kembali, reduce mengurangi segala sesuatu yang bisa mangakibatkan sampah dan recycle atau melakukan daur ulang sampah  menjadi suatu produk atau barang yang bermanfaat,” ujarnya.

Lina Handayani dan Indria Mustika saat mengunjungi stand

Sementara Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani menjelaskan bahwa sekolah  yang dipimpinya adalah salah satu sekolah Adiwiyata di Jepara yang memberikan poengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan. “Salah satunya adalah pengolahan sampah. Kami mendapatkan bimbingan langsung dari Dinas Lingkungan Hidup, Bank Sampah Induk dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Jepara,” tuturnya.

Hadepe – Indria Mustika