blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto saat memimpin apel pagi. Foto: Dok/Humas (27/5/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto mengatakan, peran inovasi sangat krusial dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Keberadaan inovasi akan mampu menutupi celah tidak optimalnya pemberian layanan. Kekurangan terkait regulasi, sumber daya manusia, sarana prasarana dan anggaran bisa di-covering dengan inovasi yang tepat sasaran.

“Untuk menambal kekurangan kita di sektor sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta anggaran, kita perlu lebih kreatif untuk memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat,” ungkap Tejo saat memimpin apel pagi di halaman Kanwil setempat, Senin (27/5/2024).

“Kita harus inovatif. Harus mampu mencari alternatif lain di luar keterbatasan kita. Kita berinovasi agar masyarakat bisa mendapatkan layanan secara maksimal,” imbuhnya.

Dalam konteks kali ini, Kakanwil mengarahkan kepada strategi efektif dalam menyebarluaskan informasi layanan yang ada di Kantor Wilayah. Tejo menilai, informasi yang tersampaikan secara detail dan komprehensif kepada masyarakat menjadi solusi atas kondisi tidak ketidakidealan di Kantor Wilayah. “Kita bisa berinovasi dalam menyampaikan penjelasan kepada masyarakat melalui internet, melalui portal-portal media sosial,” kata Tejo.

“Kita berikan informasi tentang layanan kita, tentang prosedur, syarat, biaya dan lainnya. Kanwil semakin informatif, transparan dan semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan. Masyarakat tidak perlu lagi ke Kanwil, cukup mengakses lewat internet semua bisa terjawab dengan baik,” sambungnya.

Pengarahan Kakanwil ini sekaligus menjawab aspirasi dari Martha Sari Wandoyo, salah satu pegawai yang mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan advis dalam apel tersebut. Sebelumnya, Martha mengusulkan agar ada peningkatan pelayanan melalui menambahkan sarana prasarana berupa komputer dan akses internet yang cepat.

Kakanwil berharap kinerja Kemenkumham Jateng harus terus maksimal, karena Kemenkumham Jateng merupakan Kantor Wilayah dengan kategori Tipe A, yang memiliki struktur organisasi yang lebih matang, profesional dan berintegritas. Diharapkan ada peningkatan soliditas antar divisi, bidang, bagian dan sub di bawahnya.

Ning S