blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (ketiga dari kanan) bersama para PJU Polres Wonogiri, mengecek pengamanan di Vihara Srada Murti, berkaitan dengan perayaan Tricusi Waisak 2568 BE.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, minta kepada jajarannya untuk melakukan pengamanan vihara. Tujuannya, agar perayaan Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE yang dilakukan umat Buddha berjalan aman, nyaman, dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berkaitan hal tersebut, Kapolres bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, Kamis (23/5), melakukan pengecekan ke sejumlah vihara yang akan digunakan untuk tempat merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE (2024 M).

Waisak atau Vesākha Puja, merupakan hari raya terpenting Buddhisme, untuk memperingati kelahiran, kecerahan dan wafatnya Buddha Gotama. Kata vesak berasal dari istilah Pali vesākha atau dalam Bahasa Sanskerta disebut vaiśākha untuk nama bulan Vaisakha pada Kalender India kuno, yang diyakini sebagai bulan kelahiran Buddha.

Hari raya Waisak (Trisuci Waisak) juga sering disebut sebagai Hari Buddha. Ini merupakan hari penting bagi umat Buddha di seluruh dunia, untuk memperingati tiga peristiwa penting Buddha Gautama.

Tiga peristiwa penting tersebut terdiri atas, Pertama, kelahiran Pangeran di Taman Lumbini Tahun 623 SM. Kedua, Pertapa Siddharta menjadi Buddha atau menerima kecerahan pencapaian Nibbana di Buddhagaya (Bodh Gaya) saat berusia 35 tahun pada Tahun 588 SM. Ketiga, Wafatnya Buddha Gotama dalam keadaan sudah mencapai Bibbana (Parinibbana) di Kusinara saat berusia 80 tahun pada Tahun 543 SM.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, berkaitan itu Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, memimpin langsung pengecekan pengamanan di sejumlah vihara. Di Wonogiri, ada 4 titik yang dijadikan lokasi umat Buddha merayakan Hari Raya Tricusi Waisak. Diantaranya di Vihara Buddha Sradha Dhamma di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Jajaran Polres Wonogiri, melakukan seluruh pengamanan dalam rangkaian perayaan Trisuci Waisak, agar jalannya kebaktian sebagai acara puncak Waisak, berjalan aman dan nyaman. Terkait ini, Polres Wonogiri mengerahkan sebanyak 86 personel.
Bambang Pur