blank
Ketua PKB Jateng KH Yusuf Chudlori (kedua dari kanan) bersalam komando dengan Ketua Gerindra Jateng Sudaryono (kedua dari kiri) didampingi Sekretaris PKB Jateng Sukirman (paling kanan)/dok

(SUARABARU.ID) – Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono bertemu dengan Ketua DPW PKB Jateng KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) di Ponpes Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Rabu (22/5/2024) malam.

Sudaryono tiba di Ponpes API sekitar pukul 20.00 WIB.

Kedatangannya disertai sejumlah pengurus DPD Gerindra Jateng.

Saat tiba di Ponpes API, Sudaryono langsung disambut tuan rumah Gus Yusuf, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman beserta jajaran pengurus lainnya.

Mereka kemudian duduk lesehan melakukan pertemuan di kompleks ponpes.

’’Satu kebahagiaan bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima kehormatan silaturahim Mas Dar (Sudaryono) dan rekan-rekan DPD Partai Gerindra Jateng. Tentu, silaturahim ini juga terkait dengan persiapan bagaimana pilkada 35 kabupaten/kota di Jateng dan juga pemilihan gubernur yang akan datang,’’ ujar Gus Yusuf.

Bagi PKB, Gerindra adalah teman seperjuangan di Jateng.

’’ eperti CLBK (cinta lama bersemi kembali) karena dua kali pilgub kita juga bersama-sama dengan Partai Gerindra,’’ imbuh Gus Yusuf.

Ketika disinggung perihal koalisi antara PKB dan Gerindra, Gus Yusuf menyatakan PKB menjajaki untuk bekerja sama.

Baik itu mengenai visi Jateng ke depan maupun misi untuk masyarakat yang lebih baik.

Mengenai pencalonan gubernur, Gus Yusuf mengaku masih terus menjalankan mandat Ketua Umum PKB sebagai calon gubernur.

’’Kalau soal calon gubernur tentu saya pribadi masih diberi mandat oleh ketua umum untuk mengupayakan maju sebagai calon gubernur,’’ ungkapnya.

Di sisi lain, Gus Yusuf menghormati Sudaryono yang juga diperintahkan oleh DPP Gerindra untuk berikhtiar.

’’Ya, kita semua sedang melakukan ikhtiar. Keputusannya tentu, ya kita ini pasukan, tinggal menunggu komando dari para pimpinan kita yang ada di pusat (DPP). Saya calon gubernur PKB, Mas Dar calon gubernur dari Gerindra,’’ tutur Gus Yusuf.

’’Kalau dengan Gerindra sebenarnya bukan penjajakan karena kita sudah teman seperjuangan. Tinggal kita nggatukke (mencocokan) kembali lah,’’ tegasnya.

Sementara itu, gayung bersambut juga datang dari Sudaryono.

Persentase dan keinginan antara Gerindra dan PKB untuk 2024 sama.

’’Saya kira ya, kita ini kan CLBK. Jadi, PKB adalah kawan Gerindra, dua kali pilgub Gerindra adalah kawan PKB. Jadi, saya kira cukup baik dan orangnya sebetulnya nggak banyak berubah, yang berubah cuman saya karena ketua baru,’’ kata Sudaryono.

Menurut dia, lobi-lobi atau komunikasi politik menjelang pilkada tentu menjadi penting baik pilgub maupun pilkada di 35 kabupaten/kota seluruh Jateng.

’’Di level kabupaten/kota kan penjaringan, di provinsi namanya penyaringan, tapi kan pemutus, pengambil keputusan kan tetep ada di pusat. Kami, saya juga partai lain juga sama, semua keputusan juga berasal dari usulan proses dari penjaringan tadi,’’ paparnya.

mm