blank
Kepala BPS Batang Heni Djumadi saat berkunjung ke Kelurahan Kasepuhan, Kabupaten Batang. (Foto: Diskominfo Batang)

BATANG (SUARABARU.ID) – Batang Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang melaksanakan Pendataan Potensi Desa 2024 (Podes) di setiap kelurahan/desa di Kabupaten Batang. Kepala BPS Batang Heni Djumadi menyampaikan, Podes adalah pendataan lengkap satu-satunya setingkat desa yang dilakukan Badan Pusat Statisti (BPS).

“Podes 2024 akan menghasilkan data bagi keperluan pembangunan wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan. Salah satu indikator dari Podes yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan adalah Indeks Kesulitan Geografis dan Indeks Desa,” terangnya saat ditemui di Kelurahan Kasepuhan, Kabupaten Batang, Rabu (22/5/2024).

Heni menyampaikan bahwa, petugas Podes 2024 melakukan pendataan ke 239 desa, 9 kelurahan, 15 kecamatan, dan beberapa dinas/instansi di Kabupaten Batang.

“Setiap tiga orang petugas pendataan diawasi oleh seorang pengawas. Selain itu, secara berkala juga dilakukan supervisi oleh Statistisi Ahli Muda dan bahkan supervisi oleh Kepala BPS Kabupaten Batang,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa, sampai dengan 20 Mei 2024 semua petugas telah melaksanakan pendataan ke semua responden. Pada tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh pengawas dan evaluasi data oleh BPS Kabupaten Batang.

“Dari hasil pemeriksaan dan evaluasi data, petugas akan melakukan konfirmasi kepada responden akan dilakukan jika masih terdapat data yang kurang lengkap ataupun tidak wajar,” ujar dia.

BPS Batang, berterima kasih atas partisipasi aktif dari pemerintah daerah, baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten.

Nur Muktiadi