blank
Prasyarat untuk meraih ilmu dan al-qur'an sebagaimana dikutip dari kitab Ta'lim Mutallim ada 6 yakni cerdas, semangat, sabar, cukup bekalnya, dapat bimbingan guru, dan masa belajar yang lama.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Walisongo Pecangaan Jepara menggelar Seminar Parenting “Kiat Sukses Mengantarkan Anak Berhasil Menghafal Al-Qur’an” yang diselenggarakan di Masjid Besar Walisongo, Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan yang diikuti siswa MTs, guru, dan karyawan menghadirkan narasumber Khadim Ma’hadul Qur’an Al Mubarok Pati, Sahal Mahfudh. Kegiatan juga diikuti perwakilan siswa SMP, MA, SMK, dan SMA Walisongo.

blank
Agar mudah menghafal al-qur’an resep dari KH M Ulil Albab Arwani. “Pertama, setiap hari sebelum KBM minum madu 1 sendok. Kedua, perbanyak minum air putih. Ketiga, sebelum hafalan baru hafalan sebelumnya dibaca 7 x 3.

Kepala MTs Walisongo Pecangaan, Achmad Zainudin mengemukakan kegiatan dilaksanakan untuk memberi bekal khususnya kelas tahfidh dalam membaca al-qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid.

“Di samping itu guna mengistiqamahkan membaca al-qur’an sepanjang hayat, mengamalkan kandungan al-qur’an, dan memahami nilai-nilai serta akhlak al-qur’an (moral knowing),” lanjutnya.

Ditambahkan pasca mengikuti kegiatan khususnya kelas tahfidh termotivasi untuk menyelesaikan target hafalan minimal 5 juz dalam 1 tahun, dan 15 juz sampai lulus MTs.

Di MTs sambung Zainudin terdapat program literasi al-qur’an sebelum KBM. “Dengan literasi al-qur’an harapan kami sebagai salah satu sarana terjaganya komunikasi dan pendekatan diri kepada Allah, dan madrasah mendapat barakahnya,” harapnya.

Khadim Ma’hadul Qur’an Al Mubarok Pati, Sahal Mahfudh menyatakan prasyarat untuk meraih ilmu dan al-qur’an sebagaimana ia kutip dari kitab Ta’lim Mutallim ada 6 yakni cerdas, semangat, sabar, cukup bekalnya, dapat bimbingan guru, dan masa belajar yang lama.

Ditambahkan Sahal, agar mudah menghafal al-qur’an ia menyampaikan resep dari KH M Ulil Albab Arwani. “Pertama, setiap hari sebelum KBM minum madu 1 sendok. Kedua, perbanyak minum air putih. Ketiga, sebelum hafalan baru hafalan sebelumnya dibaca 7 x 3,” imbuh kiai muda asal Jepara ini.

Selanjutnya, saat membaca al-qur’an fokus pada tulisan, kedua tangan memegang mushaf sejajar dengan mata agar tidak mudah mengantuk, dan masih banyak resep yang lain.

ua/sm