Kadivmin Kumham Jateng beri pengarahan dan penguatan pembangunan Zona Integritas di Rutan Pekalongan. Foto: Dok/Humas (22/5/2024) 

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Anton Edward Wardhana menyebut, integritas merupakan keharmonisan antara buah pikiran, ucapan dan tindakan.

“Intinya, harus ada keselarasan antara apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, apa yang kita lakukan,” jelas Anton mewakili Kakanwil Tejo Harwanto, dalam pengarahannya di Rutan Kelas IIA Pekalongan, Rabu (22/5/3024).

Menurutnya, cara berpikir, ucapan dan tindakan harus diselaraskan, dan harus ditanamkan. Kadivmin juga menilai, pembangunan Zona Integritas (ZI) harus dibangun secara kolektif. Kesamaan pandangan dan komitmen menjadi harga mati.

“Jadi tidak hanya sekedar penguatan individu, tapi juga harus kita internalisasikan secara menyeluruh ke seluruh bagian. Kepada rekan kerja, mitra kerja dan keluarga kita, bahwa kita ingin serius untuk membentuk Zona Integritas,” tambahnya.

Kadivmin mengatakan, esensi pembangunan Zona Integritas bukan terbatas hanya pada sebuah kegiatan kontestasi, sekedar pemenuhan data dukung dan bukan semata-mata untuk meraih penghargaan.

“Pembangunan ZI adalah bagaimana kita di lingkungan kerja melalui berbagai perubahan serta perbaikan, yang terencana secara masif, komprehensif, sistematis dan inovatif. Selain itu, membangun Zona Integritas berarti membangun manusia, membangun sistem, membangun mindset dan cultureset yang lebih baik,” ungkapnya.

Serta, integritas dibangun dengan komitmen dan konsistensi mulai dari pimpinan hingga pada level terbawah.

Anton juga memaparkan terkait hal-hal yang harus diperhatikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ia menguraikan tentang catatan keberhasilan unit kerja untuk meraih predikat tersebut.

Ditambah beberapa catatan penting dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan harus dihindari dalam Pembangunan Zona Integritas.

Hadir dalam kegiatan Penguatan Pembangunan Zona Integritas ini, Kepala Rutan Pekalongan, Sastra Irawan dan jajaran, Kepala Bapas Pekalongan, Agus Nugroho, Kepala Rupbasan Pekalongan, Donny Setyawan dan perwakilan dari Kanim Pemalang.

Sebelumnya, Kadivmin yang didampingi Kepala Bagian Umum, Anton Tri Oktabiono dan Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, Hazmi Saefi, melakukan monitoring terhadap beberapa ruang layanan dan fasilitas pendukung di Rutan Pekalongan.

Ning S