blank
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi saat berdialog dengan salah satu Kades di Kabupaten Grobogan. Foto : dok Humas Polda Jateng.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan ada banyak bukti kecintaan Irjen Pol Ahmad Luthfi kepada masyarakat Kabupaten Grobogan.

Hal itu dikatakan Sri Sumarni dalam Rapat Koordinasi Tiga Pilar di Kabupaten Grobogan yang digelar di Gedung Dewi Sri, Jalan MH Thamrin Purwodadi, Rabu (22/05/2024).

Menurut Sri Sumarni, Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Kapolda Jawa Tengah ini selalu turun ke lapangan untuk memastikan kondisi wilayah yang dituju dalam keadaan aman dan kondusif. Orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini mencontohkan pada saat penanganan Covid-19 di Kabupaten Grobogan.

BACA JUGA : Kudus Harus Jadi Mercusuar Pengembangan Wisata dan UMKM di Jateng

“Pada saat penanganan Covid-19 di Kabupaten Grobogan, beliau langsung turun ke lapangan. Beliau ingin memastikan secara langsung, situasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Grobogan benar-benar aman, terkendali dan kondusif,” ujar Sri Sumarni.

Selain saat penanganan Covid-19, Irjen Pol Ahmad Luthfi juga mendatangi langsung lokasi banjir di Kabupaten Grobogan, beberapa waktu lalu. Tujuan yang sama yakni untuk memastikan masyarakat di Kabupaten Grobogan saat terjadi musibah banjir tersebut.

“Sejak menjadi Wakapolda Jawa Tengah, sampai pada saat ini beliau selalu hadir di tengah masyarakat. Ini bukti kecintaan beliau kepada masyarakat Kabupaten Grobogan,” jelas Sri Sumarni.

Perkuat Sinergitas Tiga Pilar

Sementara itu, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutannya menjelaskan, kehadirannya dalam kegiatan tersebut untuk melakukan pengecekan sinergitas Tiga Pilar dan kesiapan Harkamtibmas menjelang Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

Menurut Kapolda Jawa Tengah, situasi kamtibas dan kemakmuran di wilayah adalah tanggung jawab Tiga Pilar ini.

“Situasi kamtibmas dan kemakmuran wilayah adalah tanggung jawab kalian,” ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam sambutannya.

Irjen Pol Ahmad Luthfi berpesan, pada saat pelaksanaan Pilkada mendatang, Tiga Pilar wajib memberi jaminan keamanan pada masyarakat karena akan melakukan operasi secara mandiri.

blank
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi diapit Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurnawan. Foto : Protkopim Setda Grobogan.

“Itulah pentingnya saya kumpulkan tiga pilar, mau tidak mau jaminan keamanan harus diberikan oleh para pengendali wilayah di tingkat Desa. Kalian (tiga pilar-red), pemimpin di tingkat desa yang harus mengorbankan kepentingan pribadinya untuk melayani masyarakat,” tegas Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah hampir lima tahun ini.

Terkait dirinya yang kerap turun ke lapangan, terutama pada saat pandemi Covid-19 menurutnya pada saat itu tidak ada satu negara-pun yang menyatakan dapat menangani Covid-19, kecuali di Indonesia.

BACA JUGA : Tim PKM FT USM Beri Pendampingan Perbaikan Jalan Utama Desa Brambang

“Kita berhasil karena ada azas gotong royong. Para babinsa dan bhabinkamtibmas serta stakeholder terkait, setiap hari bahu-membahu dan bergotong royong mengatasi hal ini. Semangat tersebut harus kita pelihar dalam menjaga masyarakat Kabupaten Grobogan. Tiga pilar ini harus banyak berkorban dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tambah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Di kesempatan itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi juga berkesempatan turun panggung dan menyapa para kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang hadir di acara tersebut.

Suasana gayeng terlihat dalam kegiatan tersebut. Irjen Pol Ahmad Luthfi juga beberapa kali mengajak para kepala desa ini dengan obrolan yang santai dan membuat suasana semakin meriah.

TYA WIEDYA