Usai acara penyuluhan, tim PkM dosen FE USM berfoto bersama anggota Paguyuban UKM, yang ada di Kelurahan Krobokan, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan penyuluhan tentang peningkatan semangat berwirausaha di Paguyuban UKM yang ada di Kelurahan Krobokan, Semarang.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang didanai USM. Adapun pelaksanakannya pada Selasa (14/5/2024), berlokasi di bank sampah Resik Becik, yang terletak di Jalan Cokrokembang, Karangayu, Semarang Barat.

Tim PkM sendiri terdiri dari Ketua Totok Wibisono SE MM, anggota Tri Endang Yani SE MSi dan Anantya Roestanto SE MM. Disampaikan Totok, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan, dan memotivasi pelaku UKM untuk lebih bersemangat dalam menjalankan usahanya.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pendampingan Penerapan Manajemen Strategi Bisnis

Seperti diketahui, pandemi Covid 19 telah menyebabkan dampak negatif bagi perkembangan UKM, yang masih dirasakan sampai saat ini. ”Saya kira sangat perlu dilakukan upaya-upaya, untuk membangkitkan kembali semangat pelaku usaha dalam berwirausaha,” tandas Totok.

Menurutnya, pihaknya memberikan materi mengenai nilai-nilai yang diperlukan untuk keberhasilan dalam berwirausaha. Nilai-nilai itu antara lain percaya diri, keberanian mengambil risiko, berorientasi pada tugas dan hasil, kepemimpinan, berorientasi pada masa depan, keorisinalan, dan jujur serta tekun.

Sementara itu, Ika Yudha Kurniasari, selaku pendamping UKM mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini. Dia berharap, hasil penyuluhan ini dapat memotivasi para pelaku UKM, untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalankan usahanya.

”Kami sangat berterima kasih kepada Tim PkM dari Universitas Semarang, yang telah memberikan motivasi kepada pelaku UKM. Hal ini bisa menambah semangat bagi seluruh anggota paguyuban UKM, dalam menjalankan usahanya,” ungkap Ika.

Riyan