Sebanyak 32 mahasiswa USM dan dua dosen pendamping, melakukan praktikum lapangan di Pulau Karimunjawa. Foto: dok/usm

JEPARA (SUARABARU.ID)– Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM), mengadakan kegiatan praktikum lapangan di Pulau Karimunjawa, Jepara, Jumat-Minggu (17-19/5/2024).

Kaprodi S1 Pariwisata USM, Herman Novry Kristiansen Paninggrian SE MMPar mengatakan, pemilihan destinasi itu, karena Karimunjawa nemiliki keindahan alam bawah laut yang tidak diragukan lagi.

Praktikum ini merepresentasikan berbagai mata kuliah, antara lain wisata bahari, desain audio dan visual pariwisata, perencanaan perjalanan wisata, manajemen pariwisata berkelanjutan, dan teknik pemanduan wisata.

BACA JUGA: Bhikkhu dari Beberapa Negara Terkesan Melakukan Spiritual Thudong di Indonesia

”Ini menjadi kegiatan yang positif. Sekali praktikum bisa merangkum beberapa mata kuliah. Ini juga menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa, untuk mempraktikkan teori yang didapat selama di kelas,” tutur Herman.

Ditambahkan dia, praktikum lapangan ini mengambil tema tentang penilaian objek daya tarik wisata, pada dua objek wisata, yaitu Tracking Mangrove dan Pulau Cemara Besar.

”Saya mengajak mahasiswa untuk mengambil data lapangan di Karimunjawa. Sekaligus mereka juga belajar, bagaimana menyusun rencana perjalanan wisata ke sana, menjadi pemandu, dan membuat video promosi,” kata Koordinator Praktikum Lapangan, Muchammad Satrio Wibowo SKel MSc.

BACA JUGA: Pendidikan Karakter, SDN 1 Krasak Ajarkan Pengurangan Sampah

Disampaikan juga, dengan praktikum ini diharapkan mereka akan mendapat pengalaman lebih tentang kegiatan yang ada di dunia pariwisata.

Kegiatan ini diikuti 32 mahasiswa dan dua dosen pendamping. Selain dua objek wisata itu, peserta juga mengunjungi Bukit Love, Pantai Sunset Beach, Penangkaran Hiu, Pantai Tanjung Gelam, dan spot snorkeling, di perairan Pulau Menjangan Kecil.

”Belajar sambil jalan-jalan ke Karimunjawa itu seru banget. Meskipun hanya tiga hari, namun banyak kegiatan yang dilakukan. Kami mendapat pengalaman baru, yang pertama kali saya dapatkan,” ujar peserta praktikum, Audrey Firliana Ahmar.

BACA JUGA: Demam Byeon Woo Seok, Yuk Intip OOTD nya Yang Fashionable dan Modis

Hal senada dikatakan peserta lain, Figo Dhani. Menurutnya, dia baru pertama kali ke Karimunjawa. Hal ini menjadi pengalaman menarik, apalagi ditambah belajar bareng teman-teman, dan didampingi dosen.

”Ini jadi pengalaman yang menyenangkan. Jadi modal juga kalau nanti ke Karimunjawa sudah mengetahui mau kemana, dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan,” ungkapnya.

Riyan