KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak sembilan orang bakal cabup-cawabup Pilkada Kudus 2024 saling adu visi misi di hadapan pengurus dan fungsionaris DPC Partai Gerindra Kudus, di Kantor setempat, Minggu (19/5).

Mereka akan berebut rekomendasi bacabup dan cawabup partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut

Acara paparan visi misi tersebut merupakan bagian dari proses penjaringan cabup cawabup Pilkada Kudus 2024 yang dilaksanakan oleh Partai Gerindra.

Dari 11 orang yang mengambil formulir pendaftaran, sembilan orang yang hadir diantaranya Ketua DPC PDIP H Masan, Sekretaris DPD Partai Golkar H Mawahib, mantan Bupati Hartopo, anggota Fraksi Partai Gerindra Sandung Hidayat, Bos RS Kumalasiwi Imam Baikuni, Kepala Dinas Arpusda Samani Intakoris, Belinda Putri Birton, Sugeng SP serta Abdul Fatiq.

Sementara dua orang yang tidak menghadiri acara tersebut yakni mantan Kadinas Pertanian Sunardi dan Abdul Rozak.

Dalam acara tersebut, para bakal calon diberi kesempatan untuk memamaparkan garis besar visi misinya serta tawarannya untuk memenangkan Gerindra jika nanti sukses meraih rekom dan terpilih dalam sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2024.

Secara berturut-turut, paparan diawali oleh Imam Baikuni yang membawa 3 visi besar yakni di bidang kesehatan, pendidikan san infrastruktur.

Kemudian, H Mawahib dengan visinya Kudus Berkah, memaparkan serangkaian program kerja yang ingin dilakukannya jika terpilih.

H Masan, yang merupakan Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDIP Kudus turut memberikan tawaran program guna mewujudkan visi yang diusungnya yakni Unggul, Makmur Sejahtera.

Sugeng SP, figur yang sempat viral karena mengaku titisan Soekarno juga menyampaikan beberapa janjinya jika terpilih nanti.

Adapun Hartopo, dengan bekal sebagai mantan Bupati sebelumnya, menyampaikan siap melanjutkan program serta memperbaiki kekurangan yang ada.

Sandung Hidayat, yang merupakan kader asli Partai Gerindra juga menyampaikan tawaran visi misi yang akan dibawa nanti dalam Pilkada.

Samani dan Bellinda, bakal calon yang datang sebagai satu paket cabup-cawabup, menyampaikan visinya menuju Kudus Sehat.

Dan Abdul Fatiq yang memiliki bacground sebagai guru, akan mengusung visi yang tak jauh dari profesinya saat ini yakni memajukan dunia pendidikan.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kudus, Sulistyo Utomo mengaku bangga atas banyaknya calon yang mendaftar dan bersedia adu visi misi di Partai Gerindra. Menurutnya, ini menunjukkan Partai Gerindra adalah partai yang diminati banyak calon sebagai kendaraan politik dalam Pilkada nanti.

“Adu visi misi ini merupakan akhir dari proses penjaringan yang digelar DPC Partai Gerindra. Selanjutnya, nama-nama yang sudah menyampaikan visi misi akan dibawa ke DPD untuk dilakukan penyaringan. Hasil penyaringan nanti yang kemudian diajukan ke DPP untuk dimintakan rekomendasi,”kata Sulistyo Utomo.

Sulistyo mengatakan, meski Partai Gerindra akan memprioritaskan kader sendiri, namun dengan jumlah kursi yang hanya tujuh, Partai Gerindra membutuhkan mitra koalisi untuk bisa mengusung paslon.

Oleh karena itu, koalisi harus tetap dibangun termasuk dalam penentuan siapa cabup-cawabup yang akan diberikan rekomendasi.

“Rekomendasi yang turun nanti tetap akan memperhitungkan koalisi yang akan dibangun dengan Partai lain,”ujarnya.

Sulis juga memberikan sedikit bocoran bahwa sesuai instruksi dari DPP, koalisi Gerindra dengan partai lain dalam Pilkada Kudus nanti diharapkan juga selaras dengan koalisi dalam Pilgub Jateng, yang mana Gerindra telah mengusung Ketua DPD Jateng, Sudaryono.

Ali Bustomi