SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Program Studi S1-Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), mengadakan pelatihan tentang ‘Peluang Usaha sebagai Konten Kreator’, yang digelar di Gedung Menara USM, Lantai 5, pada Kamis (16/5/2024).
Kegiatan itu mendapatkan respons positif, dan diikuti para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), atlet Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta sejumlah mahasiswa.
Ketua Pelaksana, Helmi mengungkapkan, pelaku UMKM dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan era digital, yang telah mengalami kemajuan. Maka dari itu, pihaknya memberikan pelatihan, guna membantu pelaku usaha agar paham digital marketing.
BACA JUGA: Milad ke-61 Tahun FH Unissula, Prodi S2 Ilmu Hukum Gelar Seminar Internasional Cybersecurity
”Kegiatan ini untuk mengajarkan kepada peserta yang kurang paham tentang adanya penjualan melalui media sosial, seperti konten video. Di pelatihan ini, mereka diajarkan cara berjualan dengan membuat konten untuk menarik daya minat beli konsumen, dan bagaimana cara mempromosikan produk, agar konsumen tertarik untuk membeli,” ucapnya.
Selama kegiatan, peserta diberikan materi dasar menjadi konten kreator, cara mempromosikan produk dengan benar, hingga praktik promosi produk.
Helmi berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kreativitas pada pelaku UMKM, yang telah dan masih merintis usaha. Hal ini agar dapat lebih berkembang, dengan mengikuti perkembangan teknologi yang pesat.
BACA JUGA: Diskomvision 2024 Siap Digelar, Desain Komunikasi Visual UKSW Sajikan Kreasi dan Inovasi Mahasiswa
”Kegiatan ini untuk membuat para pengusaha semakin kreatif, dalam mempromosikan produk mereka. Kami berharap, dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat dan kreativitas pada pelaku UMKM, yang sudah dan masih merintis agar bisa selalu berkembang dan bisa mengikuti perkembangan teknologi yang pesat,” terang Helmi.
Atlet KONI Cabang Olahraga Jiu-Jitsu, Rensi mengaku, konten kreator saat ini telah pada taraf yang bagus dan kreatif.
”Dengan menggunakan teknologi, semua orang bisa mengakses berbagai informasi lewat media secara mudah. Lewat media juga memudahkan wirausahawan dan UMKM kecil, dalam mempromosikan keunggulan produk masing-masing,” ungkap Rensi.
Riyan